Kompas TV nasional peristiwa

Politikus DPR akan Bahas Persoalan Sampah di Komisi IV Hari Ini, Sejumlah Pihak Diundang

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 06:08 WIB
politikus-dpr-akan-bahas-persoalan-sampah-di-komisi-iv-hari-ini-sejumlah-pihak-diundang
Produksi sampah di Jakarta selama Ramadhan 2019 meningkat dibandingkan dengan 2018. Sisa makanan mendominasi sampah yang masuk ke TPA Bantargembang, Bekasi. (Sumber: Kompas.id/Aguido adri)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Persoalan pencemaran sampah dan limbah yang setiap hari menjadi beban di beberapa kota besar di Indonesia, akan dibahas dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) di Komisi IV DPR hari ini, Rabu (16/6/2021). 

Hal itu tercantum dalam agenda rapat DPR. "Panja Komisi IV DPR RI mengenai Pencemaran Sampah dan Limbah melaksanakan RDPU dengan Pemerhati Pengelolaan serta Pencemaran Sampah dan Limbah," begitu agenda yang tercantum.

Untuk meminta masukan, panja sudah mengundang sejumlah pihak, yaitu Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri (ITB),  Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, S.K.M, DrPH. (UI), Ir. Sri Bebassari, M.Si. (Pemerhati Pengelolaan Sampah), komunitas pelestari lingkungan Octopus Indonesia, organisasi  Zero Waste Indonesia dan Waste for Change.

Baca Juga: Viral Petugas KAI Tertangkap Kamera Buang Tumpukan Sampah ke Bantaran Sungai

Zero Waste Indonesia (ZWID) adalah sebuah komunitas berbasis online pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2018 oleh Maurilla Imron dan Kirana Agustina dengan tujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup nol sampah (Zero Waste Lifestyle). 


Sementara Octopus Indonesia aktif mengajak masyarakat mendaur ulang sampah plastik. 

Baca Juga: Banda Aceh Hasilkan 80 Ribu Ton Lebih Sampah Plastik dalam Setahun

"Sudah terlalu lama kita mengeksploitasi ekosistem planet kita. Mari bersama memulai dan melanjutkan upaya restorasi ekosistem planet bumi, dengan salah satu cara yaitu mencegah bertambahnya polusi sampah yang berdampak buruk bagi lingkungan," demikian ajakan mereka saat hari lingkungan sedunia, 5 Juni 2021 lalu.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x