Kompas TV nasional peristiwa

Info Peringatan Dini Cuaca Rabu 16 Juni 2021, BMKG: 19 Wilayah Hujan Lebat disertai Angin Kencang

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 04:45 WIB
info-peringatan-dini-cuaca-rabu-16-juni-2021-bmkg-19-wilayah-hujan-lebat-disertai-angin-kencang
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat peringatan dini BMKG, waspada cuaca ekstrem hujan lebat di 13 wilayah Indonesia, Minggu (25/4/2021). (Sumber: WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Info cuaca hari ini, Rabu (16/6/2021) diketahui bahwa Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan resmi terkait peringatan dini cuaca besok Rabu, 16 Juni 2021.

Info tersebut disampaikan melalui laman resmi BMKG di web.meteo.bmkg.go.id.

Diperkirakan, sebanyak 19 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang serta petir/kilat.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Sulawesi yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Siapkan Mantel dan Payungmu! Info Cuaca Hari ini , Selasa 15 Juni 2021, BMKG: 26 Wilayah Bakal Hujan

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Pesisir Barat Sumatra Barat, dari Lampung hingga Bengkulu, di Perairan Selatan Banten, di NTT, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Awal Pekan, Hindari Kegiatan Luar Ruangan, BMKG: 27 Daerah Alami Cuaca Ekstrem, Banyak Turun Hujan

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Riau

• Bengkulu

• Lampung

• Banten

• Jawa Barat

• DKI Jakarta

• Jawa Tengah

• Yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.