Kompas TV regional sosial

UGM akan Gelar Kuliah Bauran Agustus 2021, Cek Syarat Mahasiswa yang Boleh Kuliah Luring

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 21:20 WIB
ugm-akan-gelar-kuliah-bauran-agustus-2021-cek-syarat-mahasiswa-yang-boleh-kuliah-luring
Ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta akan mengadakan kuliah bauran pada Agustus 2021. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) atau kuliah bauran. Rencana kuliah campuran daring dan luring ini diadakan pada Agustus 2021 mendatang.

Meski demikian, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi mahasiswa yang ingin mengikuti kuliah luring.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso mengatakan, persyaratan ini untuk menjamin pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas selalu mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan.

Ia menyebutkan mahasiswa yang ingin mengikuti kuliah luring harus membawa surat keterangan sehat bebas Covid-19 serta mengantongi izin atau persetujuan orangtua atau wali.

Selain itu, mahasiswa juga harus mengisi surat pernyataan yang berisi persetujuan orangtua atau wali memberikan izin belajar di kampus, serta wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Ada Jurusan Baru di UGM, Prospek Kerjanya Menggiurkan

"Nantinya, mahasiswa yang mengikuti kuliah tatap muka akan dilakukan pemeriksaa bebas Covid-19 secara periodik di fakultas masing-masing menggunakan GeNose C-19," ujarnya, Selasa (15/6/2021). 

Kuliah tatap muka akan digelar secara terbatas yang diprioritaskan untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021.

Selain itu, juga diperuntukkan bagi  mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan program studi yang membutuhkan penyelenggaraan kegiatan secara tatap muka, seperti praktikum, penelitian dan lainnya untuk mencapai target capaian pembelajaran.

Kepala Pusat Inovasi Kebijakan Akademik (PIKA) UGM, Hatma Suryatmojo, mengatakan saat ini setiap fakultas dan sekolah di UGM sedang memetakan mata kuliah yang membutuhkan kegiatan tatap muka.

Selain itu juga dilakukan pemetaan terhadap dosen yang memenuhi syarat untuk mengajar secara tatap muka, termasuk pemetaan fasilitas serta ruang kelas untuk perkuliahan.

Baca Juga: Viral Unggahan Tak Bisa Ikut Ujian Tulis UGM jika Lolos UTBK-SBMPTN, Ini Penjelasan Humas UGM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x