Kompas TV video sinau

Cara Detox Media Sosial Supaya Kembali Produktif

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 16:01 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terlalu banyak bermain media sosial ternyata bisa bikin cepat lelah loh! Apalagi kalau udah masuk tahap kecanduan, enggak cuma gangguan tidur, makan pun bisa terganggu. Gimana sih caranya mengurangi waktu penggunaan medsos? Berikut 5 cara yang bisa kamu ikuti. 

1. Jauhkan Gadget Dari Jangkauan
Kamu bisa gantikan waktu untuk bermain gadget dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya membaca buku atau melukis.

2. Buat Alarm
Perhatikan durasi kamu bermain media sosial. Psikolog menyarankan untuk bermain media sosial cukup 30 menit hingga 1 jam dalam sehari. Hayo, kamu main gadget berapa jam nih dalam sehari?

3. Matikan Notifikasi
Biasanya orang akan terpancing untuk membuka media sosial apabila telah melihat notifikasi. Jadi, lebih baik matikan notifikasinya, supaya tidak terpancing untuk membuka media soial. 

4. Hari Tanpa Media Sosial
Gunakan 1 hari dalam seminggu di mana kamu tidak membuka atau mengakses media sosial. Gunakan waktu yang ada untuk berkumpul dan bercengkrama dengan kerabat atau keluarga. 

5. Ganti Platform
Banyak aplikasi yang ditawarkan untuk gadget kau supaya lebih produktif. Misalnya membuat podcast atau konten video di YouTube.

Nah, ada banyak cara untuk kamu lebih produktif dan menghidari kecanduan media sosial. Siap memulai hidup lebih profuktif? 

Video Editor: Rengga Rinasti



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x