Kompas TV regional berita daerah

PMI Dorong Partisipasi Pendonor Darah Yang Turun Saat Pandemi

Kompas.tv - 15 Juni 2021, 01:08 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Donor darah masal saat ini sedang digalakkan PMI Kota Palembang, menyusul turunnya partisipasi pendonor darah saat pandemi.

Kekhawatiran penyebaran virus korona saat pandemi, menjadi salah satu penyebab turunnya partisipasi itu.

 

Di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, digelar donor darah masal sebagai rangkaian dari HUT Bhayangkara ke-75. Kegiatan ini diikuti ratusan personil Polri dari berbagai satuan.

Hal itu juga untuk menepis kekhawatiran warga, agar mendonorkan darahnya saat pandemi.

PMI memastikan virus korona tidak menular lewat transfusi darah, selain donor darah juga dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Stok darah semakin dibutuhkan terutama saat pandemi covid 19. Di Unit Donor Darah PMI Kota Palembang, setahun terakhir permintaan darah meningkat sekitar 7 ribu kantong per bulan atau 200 kantong  per hari.

Tingginya permintaan tersebut tidak dibarengi dengan partisipasi dari pendonor, yang justru menurun. Situasi ini memicu kelangkaan stok darah.

Mengatasi kelangkaan itu, PMI Kota Palembang giat melakukan donor darah masal melibatkan berbagai instansi dan lembaga.

Donor darah kini dapat dilakukan dalam interval 2 bulan sekali. Warga yang akan mendonorkan darah bisa mendatangi gerai PMI yang saat ini ada di pusat-pusat perbelanjaan.

#DonorDarah #PMI #Palembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.