Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Berencana Labeli Peringatan Kesehatan Tiap Batang Rokok

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 22:53 WIB
inggris-berencana-labeli-peringatan-kesehatan-tiap-batang-rokok
Ilustrasi rokok menyebakan berbagai penyakit dan menggangu kesehatan. (Sumber: Amritanshu Sikdar / Unsplash)
Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Politikus partai konservatif, George Young mengusulkan undang-undang untuk memastikan setiap batang rokok yang dijual dilabeli peringatan kesehatan.

Saat ini, undang-undang tembakau di Inggris telah mewajibkan bungkus rokok mencantumkan sejumlah peringatan kesehatan seperti ''merokok membunuhmu'' dan sejumlah peringatan kesehatan lainnya.

Dilansir dari LADbible, usulan tersebut akan diumumkan oleh parlemen pada Senin (14/6/2021). Jika disahkan, aturan baru ini juga mencakup denda bagi perusahaan rokok yang tidak mencantumkan peringatan.

"Ini gratis dan lebih efektif daripada peringatan kesehatan pada bungkusnya. Jika Pemerintah merespons secara positif dan saya akan senang jika itu terjadi," kata George Young.

Baca Juga: Wanita di Afrika Selatan Melahirkan 10 Bayi Kembar, Pertama di Dunia!

Deborah Arnott dari Action on Smoking and Health juga mendukung usulan dari pejabat tersebut. Menurutnya hal itu lebih efektif.

"Rokoklah membunuh perokok, bukan bungkus rokok, jadi jelas di situlah peringatan kesehatan paling dibutuhkan. Yang dibutuhkan hanyalah dukungan Pemerintah agar kita menjadi negara pertama yang menerapkan 'merokok membunuhmu' pada batang rokok itu sendiri," ujarnya.

Namun usulan tersebut mendapat sejumlah penolakan dari berbagai kalangan. Salah satunya Simon Clark dari komunitas perokok 'Forest'. Menurutnya, perokok sudah cukup sadar dengan masalah kesehatan dan resikonya.

Baca Juga: Jill Biden pakai Jaket 'Love' Saat Bertemu PM Inggris dan Istri, Ada Pesan Tersembunyi ?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x