Kompas TV nasional aiman

Kasus Kakap, Mereka Yang Dipecat! (1) - AIMAN

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 23:05 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Riuh persoalan Tes Wawasan Kebangsaan belum berakhir. Awal Juni lalu, mereka yang lolos telah dilantik. Dan 75 pegawai yang tak lolos, tak tentu nasibnya. Menunggu hingga bulan November mendatang. 

Mereka yang dinyatakan tidak lolos TWK, sebagian besar diketahui adalah para penyidik dan penyelidik kasus-kasus kakap di KPK. Dari kasus bansos, baby lobster alias benur, hingga Harun Masiku yang jadi buronan. Ia adalah tersangka kasus penyuapan terhadap komisioner KPU, Wahyu Setiawan, yang masih buron. 

Sejumlah kasus terancam menggantung, termasuk perburuan terhadap Harun Masiku. Benarkah ketidaklulusan sejumlah penyidik dan penyelidik senior KPK berkaitan dengan sejumlah kasus kakap yang mereka tangani?

Aiman menemui Ronald Paul, penyidik KPK yang tak lolos, dan pernah bertugas memburu Harun Masiku. Aiman mengupas fakta-fakta ketidaklulusannya dalam TWK. Bagaimana pula kelanjutan kasus-kasus korupsi yang siap mereka tuntaskan, alias siap dilakukan penangkapan, termasuk kasus Harun Masiku!

Aiman juga secara eksklusif mewawancarai Ketua KPK, Firli Bahuri untuk menjawab sejumlah tudingan atas pelaksanaan Tes Wawasan Kebangsaan. Benarkah ada upaya sistematis untuk menyingkirkan karena berkaitan dengan kasus-kasus kakap yang mereka tangani?

Terakhir Aiman berbincang denga Ketua KOMNAS HAM, Taufan Damanik, terkait pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran HAM dalam TWK, termasuk ketidakhadiran para pimpinan KPK ke KOMNAS HAM.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.