Kompas TV video sinau

Piala Eropa 2020: Profil Singkat Timnas Finlandia

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 15:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tim nasional Finlandia tergabung dalam Grup B Piala Eropa 2020. Di laga pembuka penyisihan Grup B pada sabtu (12/6/2021), Finlandia berhasil menaklukkan Denmark dengan skor 1-0.

Selanjutnya, Finlandia akan bertemu Rusia di pertandingan Grup B yang digelar Rabu (16/6/2021) pukul 20.00 WIB.

Finlandia berhasil lolos ke perhelatan utama Piala Eropa 2020 sebagai runner up di Grup J, tepat di bawah Italia. Finlandia juga mencatat 6 clean sheet pada fase grup kualifikasi di Piala Eropa 2020.

Timnas Finlandia memiliki julukan unik, yakni Huuhkajat atau the Eagle-Owls, merupakan salah satu spesies burung hantu terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Finlandia.

Pelatih Finlandia saat ini adalah Markku Kanerva, yang juga mantan pemain sepak bola legendaris. Sedangkan posisi kapten dipegang oleh Tim Sparv, yang telah bergabung dengan timnas sejak 2009.

Piala Eropa 2020 merupakan debut timnas Finlandia di kompetisi besar dunia, sehingga tidak banyak catatan tentang perjalanan mereka sepanjang perhelatan kompetisi Piala Eropa.

Namun, pada babak kualifikasi Piala Eropa 2008, Finlandia diketahui berhasil menang 2-0 atas Belgia.

Meski berstatus debutan, timnas Finlandia memiliki deretan pemain kunci yang akan memperkuat skuad Eagle-Owls dalam berrkompetisi di ajang Piala Eropa 2020.

Beberapa pemain tersebut di antaranya:

1. Teemu Pukki

Pemain aktif berposisi penyerang dengan caps paling banyak di timnas Finlandia ini tercatat mencetak 10 gol pada babak kualifikasi Piala Eropa.

2. Lukas Hradecky

Hradecky adalah penjaga gawang timnas Finlandia yang dikenal ahli dalam membaca permainan untuk pertahanan Finlandia.

3. Joel Pohjanpalo

Pohjanpalo merupakan pemain penyerang yang mencetak gol ke gawang Denmark. Baginya, gol tersebut merupakan gol ke-10 yang dicatatkannya setelah berseragam timnas Finlandia sejak debutnya pada 14 November 2012.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.