Kompas TV regional kesehatan

Menjaga Kualitas Darah Tetap Sehat - AYO SEHAT

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 13:08 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sudahkah kita mengetahui fungsi darah yang ada pada tubuh kita. Iya, mulai dari mengangkut bahan atau zat makanan, oksigen, sisa-sisa metabolisme, dan hormon di dalam badan manusia, darah juga menjadi penjaga kadar asam-basa cairan tubuh. Ini artinya, cukup banyak pekerjaan yang dilakukan oleh darah untuk kesehatan tubuh kita.

Komponen yang ada pada darahpun, di bagi menjadi dua bagian, yaitu plasma darah dan sel sel darah, namun 90% dari kedua komponen tersebut merupakan komponen cair.

Setelah kita mengetahui banyaknya tugas yang dikerjakan oleh darah, tentunya kita tidak ingin ada gangguan berupa penyakit yang mengganggu fungsi darah dalam tubuh kita. Tidak hanya gangguan pada darah secara langsung, namun gangguan pada peredaranpun akan membuat kerja darah tidak maksimal.

Mengutip darilaman kompas.com, terdapat beberapa penyakit yang dapat menggangu sistem peredaran darah pada tubuh. Diantaranya adalah hipertensi, anemia, varises, penyakit jantung, leukemia, dan ambeien.

Selain beberapa penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah, juga terdapat beberpa penyakit lain, yang juga terdapat pada darah, baik yang ada pada sel darah merah maupun sel darah putih.

Lalu bagaimana cara kita untuk dapat menjaga kualitas darah kita tetap sehat. Simak perbincangannya, hanya di ayoo sehat.

Follow us: https://www.instagram.com,ayosehat_kompastv,



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.