Kompas TV bisnis kebijakan

Polemik Pajak Pendidikan dan Sembako, Cuit Ditjen Pajak: Tetap Mengedepankan Asas Keadilan

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 14:05 WIB
polemik-pajak-pendidikan-dan-sembako-cuit-ditjen-pajak-tetap-mengedepankan-asas-keadilan
Ilustrasi sembako (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Beberapa waktu terakhir, ramai dipersoalkan biaya pendidikan dan sembako akan dikenakan pajak oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Merespons ramainya pembicaraan tersebut, Pihak Direktorat Jenderal Pajak berupaya memberi penjelasan melalui akun resmi Instagram @ditjenpajakri.

"Pemerintah tetap mengedepankan asas keadilan untuk setiap kebijakan perpajakan termasuk pengenaan PPN atas sembako ini," tulis akun Ditjen Pajak yang dikutip Kompas TV, Minggu (13/6/2021).

Dilansir dari infografis yang dibuat, pajak yang akan diterapkan dalam bidang pendidikan dan sembako tentu tidak berlaku pada semua aspek. Ada ketentuan yang nantinya akan tercantum dalam reformasi sistem Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Baca Juga: Menurut Ganjar, PPN untuk Sembako Itu Keterlaluan Jika Benar Diterapkan

Pasalnya, hingga kini semua PPN bersifat di pukul rata untuk semua barang dan aspek. Misalnya, antara beras premiun dan beras biasa serta antara daging wagyu dan daging sapi biasa.

Saat ini, keduanya, sama-sama tidak dikenakan pajak. Sementara, dari segi harga dan sasaran orang yang mengonsumsi berbeda.

Selain itu, dalam sektor pendidikan saat ini les privat dengan biaya tinggi dan pendidikan gratis sama-sama tidak dikenakan pajak. Persoalan itulah kemudian yang menggambarkan bahwa fasilitas PPN tidak tepat sasaran.

Baca Juga: Blak-blakan Staf Menkeu Ungkap Wacana Konsep PPN Sembako dalam Draf RUU KUP

Menurut Ditjen Pajak, atas contoh di atas, orang yang mampu bayar justru tidak membayar pajak karena mengonsumsi barang/jasa yang tidak dikenai PPN.

Oleh sebab itu, pemerintah saat ini sedang menyiapkan RUU KUP yang berisi konsep reformasi perpajakan, antara lain tentang reformasi sistem PPN.

Pihaknya berharap, sistem baru ini dapat memenuhi rasa keadilan dengan mengurangi distorsi dan menghilangkan fasilitas yang tidak efektif, sehingga dapat meningkatkan kepatuhan pajak dan optimalisasi pendapatan negara.

Diketahui, unggahan ini sudah disukai warga net sebanyak 10 ribu lebih. Sementara, kolom komentar dipenuhi dengan warganet yang banyak tidak setuju dengan PPN yang akan diterapkan di bidang pendidikan serta sembako.

Baca Juga: PBNU dan Muhammadiyah Tolak Rencana Pajak Pendidikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x