Kompas TV euro 2020 serba serbi

Detik-detik Dokter Timnas Denmark Tolong Christian Eriksen yang Kolaps dan Berada Diujung Maut

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 13:07 WIB
detik-detik-dokter-timnas-denmark-tolong-christian-eriksen-yang-kolaps-dan-berada-diujung-maut
Para pemain timnas Denmark mengelilingi Christian Eriksen yang sedang menerima perawatan. (Sumber: Twitter.com/Partizanic )
Penulis : Gading Persada

KOPENHAGEN, KOMPAS.TV- Gelandang Tim Nasional (Timnas) Denmark Christian Eriksen mengalami kolaps di pengujung babak pertama saat timnya bersua Finlandia dalam partai pembuka Grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6/2021) malam WIB.

Tim dokter dari Timnas Denmark pun mengungkap detik-detik upaya penyelamatan Eriksen yang tengah berada di ujung maut tersebut.

Dokter tim Denmark, Morten Boesen, menjelaskan detail penanganan medis kepada Christian Eriksen yang kolaps dalam laga tersebut. Ia mencoba menjelaskan situasi pada saat genting tersebut.

“Kami dipanggil saat Christian jatuh,” kata Morten Boesen seperti dilansir dari media lokal, B.T, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Christian Eriksen Kolaps Saat Pertandingan di EURO 2020, Benarkah karena Serangan Jantung?

Situasi genting terekam jelas melalui raut wajah pemain-pemain Denmark dan Finlandia. Beberapa pemain bahkan tak kuasa menahan air mata.

“Saya tak melihatnya, tapi segera menjadi jelas bahwa dirinya tak sadarkan diri.”

Kejadian yang menimpa pemain Inter Milan itu pun bak masuk level gawat ketika tim medis mulai melakukan CPR, sebagai upaya mengembalikan fungsi napas dan aliran darah.

“Saat saya sampai di lapangan, dia terbaring dan bernapas,” ujar Morten Boesen lagi.

Saat itu, ungkapnya, asa langsung membuncah lantaran Eriksen sempat bernapas. Tapi segalanya langsung menjadi hal darurat saat diketahui denyut nadi Eriksen juga mengkhawatirkan.

Baca Juga: Kalahkan Rusia, Dua Gol Lukaku bagi Belgia Dipersembahkan untuk Christian Eriksen yang Sempat Kolaps

“Kami merasakan denyut, tapi secara cepat, situasinya berubah, lalu kami melakukan pertolongan medis untuk memacu jantung.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.