Kompas TV video cerita indonesia

Menag Yaqut Ditelepon Arab Saudi Soal Haji, Apa yang Dibahas?

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 12:39 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku ditelepon oleh perwakilan haji dari Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu, 12 Juni 2021 sore.

“Tadi sore saya mendapat telepon dari yang mulia Wakil Haji Kerajaan Saudi Arabia yang sampaikan kepada saya bahwa Arab Saudi tidak membuka negaranya untuk jamaah haji dari luar arab,” ujar Menag Yaqut pada Sabtu (12/6/2021).

Ia menjelaskan kalau Arab Saudi hanya membuka Jemaah haji untuk calon haji domestik dan warga negara asing yang sudah menetap di Arab Saudi.

“Hanya buka jamaah haji untuk calon haji domestik dan ekspatriat,” kata Menag.

Selain itu, Menurut Menag pada tahun ini Arab Saudi memperbolehkan kurang lebih 60.000 calon Jemaah yang melaksanakan haji. Hal ini berbeda dari haji tahun sebelumnya yang hanya diperbolehkan sebanyak 10.000 jemaah.

Menag pun mengatakan alasan penutupan haji untuk Jemaah luar negeri karena mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan calon Jemaah haji dan meningkatnya pandemi Covid-19.

“Pak wakil haji juga sampaikan alasannya kenapa kebijakan ini sama degan tahun kemarin, ia sampaikan atas pertimbangan kesehatan dan keselamatan calon jamaah haji. Karena beliau juga sampaikan pandemi covid belum terkendali, bahkan muncul banyak varian yang lebih mengkhawatirkan,” jelas Menag.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.