Kompas TV regional update corona

Kasus Covid-19 Tambah 246 Orang, Termasuk Nakes, RSUD dan Puskesmas di Indramayu Ditutup Sementara

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 10:20 WIB
kasus-covid-19-tambah-246-orang-termasuk-nakes-rsud-dan-puskesmas-di-indramayu-ditutup-sementara
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara saat diwawancarai, Senin (29/6/2020), di Indramayu, Jawa Barat. (Sumber: Kompas.id/ABDULLAH FIKRI ASHRI)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

INDRAMAYU, KOMPAS.TV – Sejumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ikut terpapar Covid-19 menyebabkan layanan RSUD MA Sentot Patrol dan dua puskesmas ditutup sementara.

Dalam dua hari terakhir, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu bertambah 246 orang. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada Jumat dan Sabtu (11-12/6/2021) dengan jumlah masing-masing 189 orang dan 57 orang.

Dengan penambahan itu, kasus positif Covid-19 secara kumulatif kini mencapai 9.038 orang. Rinciannya, 210 orang meninggal dunia, 710 orang dirawat/isolasi, dan 8.118 orang sembuh.

Kepala Dinkes Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan, penambahan kasus menyebar hampir di 31 kecamatan di Indramayu.

 ”Ada juga kluster nakes (tenaga kesehatan) dari RS MA Sentot Patrol, Puskesmas Widasari, dan Puskesmas Gantar. Hingga kemarin (Jumat), jumlahnya 24 orang,” katanya, dilansir dari Kompas.id, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Rumah Sakit Di Indramayu Tambah Ruangan Pasien Covid

Ketiga fasilitas kesehatan tersebut ditutup sementara selama dua hari untuk disinfeksi serta pelacakan kontak erat. Pihaknya masih mengecek jumlah kontak erat kasus positif di tempat tersebut. Adapun tes usap berbasis reaksi polimerase berantai (PCR) diklaim mencukupi untuk deteksi dini.

Direktur RSUD Pantura MA Sentot Patrol, Kurniawan mengatakan, layanan yang ditutup sementara hingga Minggu (13/6/2021) adalah intensive care unit (ICU) dan rawat jalan.

Penghentian layanan dilakukan setelah lima nakes di ICU dan seorang nakes di unit rawat jalan positif Covid-19. ”Insya Allah, hari Senin (14/6/2021) normal lagi (operasionalnya),” terangnya.

Jumlah nakes yang terpapar masih berpotensi meningkat. Sebab, 42 nakes masih menunggu hasil setelah menjalani tes usap dua hari terakhir.

Pihaknya juga masih mendalami sumber penularan. Namun, Kurniawan memastikan alat pelindung diri mencukupi dan protokol kesehatan sudah berjalan di RSUD Sentot.

Penyebab

Adapun, Deden menampik, lonjakan kasus dipicu pemilihan kuwu (kepala desa) di 170 desa pada Rabu (2/6/2021). Selain panitia pemilihan kuwu sudah dites antigen, proses pemilihannya juga diklaim sesuai protokol kesehatan.

Meski demikian, diketahui kerumunan simpatisan calon sempat terjadi setelah pemilihan, antara lain di Desa Tanjungpura dan Desa Limbangan.

Deden, yang juga juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indramayu, menilai, peningkatan kasus positif dipicu mobilitas warga saat libur Lebaran dan kurangnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

”Intinya, kita harus bersama-sama, berkolaborasi, dan bersatu menghadapi Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Humas RSD Wisma Atlet: Segera Batasi Mobilitas Warga

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x