Kompas TV internasional kompas dunia

China Mulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 Metode Hirup Lewat Hidung

Kompas.tv - 13 Juni 2021, 03:25 WIB
china-mulai-uji-klinis-vaksin-covid-19-metode-hirup-lewat-hidung
Seorang staf memeriksa kualitas kemasan produk vaksin COVID-19 nonaktif di sebuah pabrik pengemasan milik Beijing Biological Products Institute Co., Ltd. di Beijing, ibu kota China, pada 25 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Tim peneliti tengah melakukan uji klinis fase 1 dan fase 2 terhadap vaksin Covid-19 hirup buatan China, demikian disampaikan seorang pejabat kesehatan China pada Jumat (11/06/2021) seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (13/06/2021)

Setelah merampungkan pengumpulan data uji klinis, para ahli akan mempelajari keamanan dan efektivitas dari vaksin hirup tersebut, sebuah versi modifikasi dari vaksin Covid-19 vektor adenovirus suntik yang telah dipasarkan, kata Shao Yiming, seorang peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, dalam sebuah konferensi pers.

Vaksin Covid-19 hirup tersebut dikembangkan bersama oleh para peneliti dari Institut Kedokteran Militer di bawah Akademi Ilmu Militer dan CanSino Biologics Inc. China.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Vaksin AstraZeneca Aman, Efektif untuk Komorbid dan Lansia

Vaksin hirup atau semprot hidung tersebut dipilih sebagai salah satu teknologi vaksin China untuk memerangi COVID-19 sejak awal, tambah Shao.

Vaksin Covid-19 semprot hidung lainnya, yang dikembangkan oleh Universitas Xiamen, Universitas Hong Kong, dan Beijing Wantai Biological Pharmacy, telah menyelesaikan uji klinis fase 1 dan fase 2.

Para peneliti saat ini sedang melakukan uji klinis fase 3 di luar negeri, guna mengevaluasi lebih lanjut efikasi dari vaksin tersebut, menurut Shao.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x