Kompas TV video internasional

Putin Bantah Rusia Pasok Satelit Canggih Buat Iran Mata-Matai Israel

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 11:47 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KOMPAS.TV – Presiden Rusia Vladimir Putin membantah kabar negaranya bakal mengirimkan sistem canggih ke Iran untuk meningkatkan kemampuan Iran memata-matai Israel.

Hal ini dibantah oleh Putin dalam pernyataannya. Putin mengatakan bahwa laporan Rusia tengah mempersiapkan sebuah satelit beresolusi tinggi untuk Iran adalah hal omong kosong.

"Itu hanya berita palsu. Saya tidak tahu apa-apa tentang hal itu. Itu hanya omong kosong, sampah," ujar Putin, melansir AFP (11/6/2021).

Sebelumnya, Rusia dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah satelit Kanopus-V dengan kamera beresolusi tinggi untuk Iran. Satelit ini dilaporkan dapat membantu ISIS untuk memantau fasilitas-fasilitas musuh di Timur Tengah.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara menjelang KTT, Putih mengaku bahwa Rusia memiliki rencana kerja sama dengan Iran, termasuk dalam bidang militer dan hal-hal teknis.

Laporan tersebut menyebut, satelit itu memungkinkan Iran untuk memantau pangkalan Israel dan kehadiran pasukan AS di Irak.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.