Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Ini yang Akan Terjadi Bila Anda Tak Merawat Kesehatan Ginjal

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 11:32 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPASTV - Menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti saat ini, merupakan suatu hal yang penting untuk kita semua.

Hal ini dilakukan, agar tubuh kita tetap sehat dan kuat, dalam menahan bakteri, virus ataupun hal dari luar yang dapat membuat tubuh menjadi sakit.

Salah satu organ bagian dalam yang terkadang sering luput dari perhatian, adalah ginjal. Dua buah ginjal di dalam tubuh, merupakan organ ekskresi, yang berfungsi untuk membuang sampah metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, serta membuat hormon untuk pengaturan tekanan darah dan pembentukan sel darah merah.

Apabila ginjal yang kita miliki tidak mendapat perhatian, bukan tidak mungkin akan menjadi maslah bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari laman Kompas.com, setidaknya terdapat lima penyakit pada ginjal, yang kerap luput dari perhatian.

Yang pertama adalah penyakit ginjal kronis, merupakan penyakit kondisi jangka panjang. Lalu batu ginjal, penyakit yang membentuk zat dalam darah menjadi batu di dalam ginjal.

Glomerulone fritis, atau peradangan pada glumeruli yang berada dalam ginjal.

 Penyakit ginjal polikistik, atau kista, dan yang terakhir, infeksi salurn kemih , yang disebabkan oleh bakteri.

Guna menghindari munculnya penyakit yang meyerang ginjal, setidaknya terdapat tujuh langkah yang dapat dilakukan, untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Yang pertama dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, lalu mengkonsumsi makanan sehat.

Berolahraga dengan teratur, hindari suplemen dengan bahan kimia, berhenti merokok, kurangi konsumsi obat penghilang rasa nyeri, san yang terakhir memeriksa kesehatan secara berkala.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.