Kompas TV video sinau

Cristiano Ronaldo, Pemain Terbaik FIFA yang Pecahkan Rekor Top Skor Piala Eropa

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 11:45 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Cristiano Ronaldo bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Sepanjang kariernya, pria yang kerap dijuluki CR7 itu telah merasakan banyak gelar, baik di level klub maupun pribadi.

Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985. Ia mengawali kariernya bersama klub lokal bernama Clube Desportivo Nacional of Madeira sebelum hijrah ke Sporting Lisbon pada 1997.

Kemampuan Ronaldo mencuri perhatian Sir Alex Ferguson, manajer Manchester United saat itu. Ia resmi berbaju Man. United pada awal musim 2003-2004 dengan nilai transfer sekitar Rp 216 miliar.

Puncak kejayaannya bersama MU adalah pada musim 2007-2008 saat dia mencetak 42 gol di ajang Liga Primer dan Piala FA.

Setelah ikut mengantarkan MU menjuarai Liga Champions pada Mei 2008, Ronaldo mendapatkan gelar pemain terbaik FIFA atau Ballon d'Or.

Pada 2009, Ronaldo melanjutkan kariernya di Spanyol bersama Real Madrid dengan biaya mencapai Rp 1,4 triliun, menjadikannya sebagai pemain termahal dunia saat itu.

Selama berbaju Real Madrid, Ronaldo mempersembahkan masing-masing 2 gelar LaLiga, Piala Raja Spanyol, dan Piala Super Spanyol.

Di level Eropa, Ronaldo membantu Los Blancos meraih 4 trofi Liga Champions dan 3 gelar Piala Super Eropa.

Setelah bergelimang trofi di Real Madrid, Ronaldo bergabung bersama Juventus pada awal musim 2018-2019.

Sejauh ini, Ronaldo telah membuat 77 penampilan bersama Juventus di semua ajang dan menorehkan 53 gol serta menyumbang 14 assist.

Prestasi terbaik Ronaldo adalah mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League dua tahun setelahnya. Secara keseluruhan, Ronaldo tampil 146 kali bersama timnas Portugal dengan torehan 99 gol.

Usai Portugal menang 3-0 atas Hungaria di babak pembuka penyisihan Grup F, Ronaldo saat ini telah mengoleksi 11 gol di Piala Eropa.

Ia berhasil mengukir rekor sebagai pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa melampaui Michel Platini.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x