Kompas TV regional peristiwa

Buntut Kerumunan BTS Meal, 3 Gerai McDonald s di Kota Yogyakarta Hentikan Layanan Pemesanan Online

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 15:02 WIB
buntut-kerumunan-bts-meal-3-gerai-mcdonald-s-di-kota-yogyakarta-hentikan-layanan-pemesanan-online
Antrean panjang terlihat di McDonald Jalan Jendral Sudirman, Kota Yogyakarta Rabu (9/6/2021) (Sumber: TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Tiga gerai McDonald’s (McD) yang berada di wilayah Kota Yogyakarta menghentikan pelayanan pesan antar secara online sebagai buntut terjadinya kerumunan driver ojek online (ojol) saat launching produk BTS Meal pada Rabu (9/6/2021) lalu.

Paket BTS Meal merupakan menu makanan hasil kolaborasi antara McD dengan grup K-Pop, BTS.

“Sebagai konsekuensi kepedulian dan kerelaan diri atas pelanggaran yang dilakukan, mereka (para pengelola) sudah menutup layanan delivery online mulai tanggal 9 sampai 11 Juni 2021 ini,” jelas Sekretaris Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta Hery Eko Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Satgas Covid-19 DIY Panggil 4 Manajer McDonald’s Gara-gara Kerumuman Promo BTS Meal

Menurut Hery, pengelola McD yang ada di Kota Yogyakarta sudah dipanggil dan pagi tadi juga sudah bertemu dengan tim dari Kantor Satpol PP Kota Yogyakarta.

Di Kota Pelajar, ada tiga gerai McD yakni gerai di Jalan Sudirman, Jalan Sultan Agung, serta satu gerai di Malioboro Mal.

Menurut Hery, dalam pertemuan tersebut, para pengelola gerai McD sudah memberikan klarifikasi bahwasanya mereka tidak mengadakan promo makanan cepat saji yakni BTS Meal, lantaran menu tersebut sejatinya setiap hari sudah tersedia.

Namun, karena adanya kolaborasi dengan BTS, maka McD merubah kemasan tersebut.

Selain itu, pihak McD juga langsung menutup aplikiasi pesanan online pada Rabu (9/6/2021) dan hanya menyelesaikan orderan yang sudah masuk.

“Aplikasi dibuka hanya setengah jam saja dan sampai hari ini masih di tutup atau tidak diaktifkan,” imbuh Hery.

Baca Juga: Ramai Kerumunan karena Antrean BTS Meal di Gerai McDonald’s, Kemenkes Ingatkan Jaga Kesehatan

Selanjutnya, dalam pertemuan tersebut, pihak McD jugas sudah meminta maaf atas kelalaian dan kejadian tersebut.

“Mereka juga sudah menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp10.000 yang berisikan permintaan maaf terkait sudah memunculkan kerumunan ojok online dalam antrian pembeian BTYS Meal yang melanggar protokol kesehatan,” paparnya.

Sebelumnya, tim Satgas Covid-19 juga sudah melayangkan surat peringatan kepada empat gerai McD terkait kerumuman pemesanan paket BTS Meal.

Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Provinsi DIY Noviar Rahmad menjelaskan, isi surat peringatan tersebut menekankan kepada pihak manajemen untuk bersedia memperbaiki pelayanan supaya tidak menimbulkan kerumunan, mengingat saat ini masih sebaran virus Corona di wilayah DIY masih fluktuatif.

Baca Juga: Juri Master Chef Indonesia Ikut Demam BTS Meal, Chef Arnold: Saya Habiskan Rp 3 Juta Beli Paket Itu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.