Kompas TV regional berita daerah

Penipuan Online, Berpura-pura Jadi Perempuan

Jumat, 11 Juni 2021 | 14:00 WIB

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Mengaku sebagai seorang perempuan di media sosial, seorang pria pelaku penipuan berhasil memperdaya korbannya untuk mentransfer uang hingga 500 juta rupiah. Pelaku bahkan mahir menirukan suara perempuan untuk mengelabui korban-korbannya.

Ada-ada saja modus penipuan yang dilakukan Ahmad Agung Setyawan. Pria asal Kabupaten Lampung ini berhasil ditangkap aparat Polres Grobogan atas dugaan kasus penipuan online.

Pria yang tidak memiliki pekerjaan ini lihai menipu korbannya yang bernama Tarikul Huda, warga Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dengan menggunakan akun dan profil media sosial palsu, pelaku berpura-pura sebagai perempuan. Korban terpesona dengan kecantikan dari foto perempuan yang digunakan. Hingga akhirnya selama 3 bulan mereka berdua menjalin hubungan secara online. Bahkan pelaku mahir menirukan suara perempuan saat korban menelepon.

Pelaku Achmad Agung Setyawan mengaku “ Ya lalu saya meminta uang kepada korban dengan jumlah tersebut (pelaku menirukan suara perempuan).” 

Demi hubungan berakhir di pelaminan, korban rela mentransfer uang dengan nominal mencapai 500 juta rupiah. Uang tersebut digunakan pelaku untuk berfoya-foya, seperti membeli mobil dan handphone.

Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan “ Korban laki-laki, pelaku mengaku perempuan. Setelah menjalin hubungan dan akan dinikahi, akhirnya korban mau mengirimkan sejumlah uang kepada pelaku. Kurang lebih 500 juta sebelas kali pengiriman.” 

Polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, apakah ada korban lain dalam kasus penipuan tersebut. Sementara pelaku harus mendekam di penjara dengan ancaman hukuman selama 4 tahun.

 

#Penipuan #Online #KabupatenGrobogan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:20
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI