Kompas TV regional berita daerah

Penipuan Online, Berpura-pura Jadi Perempuan

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Mengaku sebagai seorang perempuan di media sosial, seorang pria pelaku penipuan berhasil memperdaya korbannya untuk mentransfer uang hingga 500 juta rupiah. Pelaku bahkan mahir menirukan suara perempuan untuk mengelabui korban-korbannya.

Ada-ada saja modus penipuan yang dilakukan Ahmad Agung Setyawan. Pria asal Kabupaten Lampung ini berhasil ditangkap aparat Polres Grobogan atas dugaan kasus penipuan online.

Pria yang tidak memiliki pekerjaan ini lihai menipu korbannya yang bernama Tarikul Huda, warga Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dengan menggunakan akun dan profil media sosial palsu, pelaku berpura-pura sebagai perempuan. Korban terpesona dengan kecantikan dari foto perempuan yang digunakan. Hingga akhirnya selama 3 bulan mereka berdua menjalin hubungan secara online. Bahkan pelaku mahir menirukan suara perempuan saat korban menelepon.

Pelaku Achmad Agung Setyawan mengaku “ Ya lalu saya meminta uang kepada korban dengan jumlah tersebut (pelaku menirukan suara perempuan).” 

Demi hubungan berakhir di pelaminan, korban rela mentransfer uang dengan nominal mencapai 500 juta rupiah. Uang tersebut digunakan pelaku untuk berfoya-foya, seperti membeli mobil dan handphone.

Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan “ Korban laki-laki, pelaku mengaku perempuan. Setelah menjalin hubungan dan akan dinikahi, akhirnya korban mau mengirimkan sejumlah uang kepada pelaku. Kurang lebih 500 juta sebelas kali pengiriman.” 

Polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, apakah ada korban lain dalam kasus penipuan tersebut. Sementara pelaku harus mendekam di penjara dengan ancaman hukuman selama 4 tahun.

 

#Penipuan #Online #KabupatenGrobogan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x