Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sri Mulyani Heran Draf PPN Sembako hingga Sekolah Bocor ke Publik

Jumat, 11 Juni 2021 | 12:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indriwati mengaku heran bahwa dokumen pemerintah soal rencana pengenaan tarif Pajak Pertambahan Nilai pada sembako hingga sekolah bocor di publik.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI pada Kamis (10/6)

"Oleh karena itu situasinya jadi agak kikuk karena ternyata kemudian dokumennya keluar, sehingga kami tidak dalam posisi untuk bisa menjelaskan keseluruhan arsitektur dari perpajakan kita yang keluar sepotong-sepotong," kata Sri Mulyani

“Kami dari sisi etika politik tentu belum bisa menjelaskan ke publik sebelum ini dibahas, karena itu adalah dokumen publik yang kami sampaikan kepada DPR melalui surat presiden," lanjutnya.

Sri Mulyani berjanji akan segera  mengirim draft RUU KUP serta menjelaskan secara detail berbagai rencana pemerintah tersebut.

"Ini yang akan kita jelaskan kepada DPR mengenai keseluruhannya, dan di situ kita bisa bicara mengenai apakah timingnya harus sekarang? Apakah fondasinya harus seperi ini? Siapa yang pantas dipajaki? Itu semuanya kita bawakan dan presentasikan secara lengkap by sectors dan by pelaku ekonomi," tutur Sri mulyani.

Sri Mulyani juga tegaskan masih fokus pada memberikan bansos dan insentif kepada pelaku usaha kecil, menengah hingga besar. Ia juga meminta isu ini di blow-up seolah-olah menjadi sesuatu yang bahkan tidak mempertimbangkan situasi hari ini.

Video Editor: Faqih

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:56
KEMENKES: VAKSIN COVID-19 PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH TAK BISA DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   LEMBAGA BIOLOGI MOLEKULER EIJKMAN: UJI KLINIS VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT DILAKUKAN PALING LAMBAT AWAL 2022   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO IMBAU INSTANSI PEMERINTAH GELAR APEL SETIAP SENIN PAGI   KEMENTERIAN PPPA DORONG PEMDA SEDIAKAN LAYANAN KASUS KEKERASAN DAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG   PEMKAB BEKASI TAMBAH 2 HOTEL ISOLASI TERPUSAT PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA DAN BERGEJALA RINGAN   WAPRES: PENANGGULANGAN RADIKALISME SAAT INI MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI   WAPRES MA'RUF AMIN TEGASKAN TAK ADA AGAMA APA PUN YANG AJARKAN TINDAKAN TERORISME DAN EKSTREMISME   POTENSI RADIKALISME TURUN, WAPRES MA'RUF AMIN INGATKAN SELURUH PIHAK TAK BERPUAS DIRI   POLRI TANGKAP 217 TERSANGKA TERORISME SEJAK JANUARI-MEI 2021    PT BIO FARMA YAKIN INDONESIA BISA DAPAT 400 JUTA DOSIS VAKSIN BERBAGAI MEREK PADA AKHIR TAHUN INI   PRESIDEN: SAYA BERHARAP SEMUA DAERAH BISA MENINGKATKAN VAKSINASI COVID-19 AGAR MAMPU MENCAPAI "HERD IMMUNITY"    PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 CAPAI 1 JUTA SUNTIKAN PER HARI MULAI JULI 2021   POLRI UNGKAP 19.229 KASUS NARKOBA SEPANJANG 2021   POLRI TERAPKAN 15 APLIKASI PELAYANAN PUBLIK, KAPOLRI: MENGAKSES PELAYANAN POLRI SEMUDAH MEMESAN PIZZA