Kompas TV entertainment film

Kontroversi Drakor "Doom at Your Service", Banyak Dibahas tapi Rating Menurun

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 13:35 WIB
kontroversi-drakor-doom-at-your-service-banyak-dibahas-tapi-rating-menurun
Drakor Doom at Your Service (Sumber: Naver.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

KOREA SELATAN, KOMPAS.TV – Drama Korea (Drakor) "Doom at Your Service" mendapat respon positif dan menjadi topik pembicaraan di internet karena banyak memukau penonton. Sayangnya, drama ini justru mendapat peringkat atau rating yang rendah.

"Doom at Your Service" yang menjadi topik diskusi dalam banyak hal, mulai dari chemistry antara Park Bo-young dan Seo In-guk hingga latar dan efek fantasi yang mengingatkan pada drama 'Goblin'.

Drama ini awalnya menempati posisi pertama dalam 'Content Influence Index' (CPI) yang diumumkan oleh CJ E&M dan Nielsen Korea pada minggu kedua bulan Mei ketika siaran pertama dimulai. Dalam peringkat pemirsa, “Doom at Your Service” berada di urutan ke-12 (sebesar 4,3%) di antara drama lainnya dalam periode yang sama.

Namun, peringkat terus menurun setelah minggu pertama. Turun ke level 3 persen di episode ke-4, dan akhirnya jatuh ke tingkat 2 persen di episode ke-8. Pada periode waktu yang sama, drama  'Youth in May' di saluran KBS2 menunjukkan tren kenaikan 5 persen, dan 'Racket Boys' di saluran SBS menunjukkan perbedaan lebih dari 5 persen dari episode pertama.

Meskipun demikian, topik tersebut terus meningkat dibandingkan minggu sebelumnya, menempati peringkat pertama selama tiga minggu berturut-turut. Park Bo-young dan Seo In-guk juga mempertahankan posisi teratas dalam topik aktor drama.

Perbedaan antara indikator-indikator ini berasal dari metode survei. Survei rating yang ada adalah metode memasang TV set untuk setiap panel dan mengecek program yang akan ditonton. 

Namun, karena lingkungan menonton berubah, seperti menonton melalui perangkat seluler, peningkatan jumlah rumah tangga satu orang, dan kekuatan layanan video online (OTT), sulit untuk membuktikan nilai konten hanya dengan menggunakan peringkat pemirsa.

Baca Juga: Sinopsis Drama "Nevertheless" yang ditunggu Penayangannya oleh Penikmat Drakor, Dibintangi Song Kang

Metode survei

Secara khusus, Nielsen Korea dan panel TNMS sebagai  lembaga pemeringkat, mensurvei kurang dari 4.000 rumah tangga di seluruh negeri, sulit untuk mengatakan bahwa mereka disukai oleh seluruh negara. 

Alasannya, peringkat pemirsa penting karena pengiklan korporat ingin memeriksa efektivitas iklan ketika mereka menjalankan iklan di TV. Namun, saat ini,  industri juga akhirnya mempertanyakan apakah popularitas program aktual dan efektivitas iklan terbukti dengan benar.

Pentingnya data seperti 'Indeks Popularitas', yang mencerminkan status distribusi berbagai konten siaran, seperti artikel berita, penayangan video, postingan, dan reaksi netizen di media sosial, meningkat daripada sekadar data rating. 

Ini karena pendapatan iklan berubah ketika peringkat pemirsa naik, dengan ketentuan jika topiknya menjadi trend. Dari situ model pendapatan tambahan lainnya dapat dibuat.

Dalam hal ini, drakor 'Doom at Your Service', yang menempati peringkat tinggi dalam 'Contents Influence Index' dan 'TV Popularity Index', membuktikan bahwa ia mendapatkan popularitas besar secara online terlepas dari peringkatnya.

Bahkan, pada episode 10 dengan adegan akhir romantis  mencatat lebih dari 1,8 juta tampilan YouTube dan 300.000 tampilan Naver.

Terlepas dari masalah rating, peringkat rendah bukan berarti nilai karyanya juga rendah. Zaman berubah terlalu cepat hanya untuk menilai dengan rating.

Sinopsis

drakor doom at your service (Sumber: viu)

Adapun, “Doom at You Service adalah sebuah drama fantasi romantis yang diperankan oleh Seo In Guk sebagai Myeol Mang (pemeran utama pria) dan  Park Bo Young sebagai Tak Dong Kyeoung (pemeran utama perempuan).

Bercerita tentang kisah cinta tak biasa antara manusia dengan dewa kehancuran. Perjalanan cinta mereka dimulai saat Tak Dong-Kyung meratapi hidupnya. Dia didiagnosa menderita glioblastoma dan hidupnya tak lama lagi.

Pada suatu malam Dong-Kyung melihat bintang jatuh dari atap rumahnya. Dia pun mengucapkan permintaan sambil berteriak karena kesal dengan kehidupannya. Dia meminta kehancuran. Saat itulah Myul-Mang yang merupakan dewa kehancuran mendengar permintaan Dong-Kyung tersebut.

Kemudian  Myul-Mang datang menghampiri Dong-Kyung. Dia mengatakan akan mewujudkan keinginan Dong-Kyung. Dari sinilah perkenalan mereka bermula hingga kemudian saling dekat bahkan tinggal bersama

Baca Juga: Drama Korea Berikut Bikin Ngeri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.