Kompas TV entertainment film

Kontroversi Drakor "Doom at Your Service", Banyak Dibahas tapi Rating Menurun

Jumat, 11 Juni 2021 | 13:35 WIB
kontroversi-drakor-doom-at-your-service-banyak-dibahas-tapi-rating-menurun
Drakor Doom at Your Service (Sumber: Naver.com)

KOREA SELATAN, KOMPAS.TV – Drama Korea (Drakor) "Doom at Your Service" mendapat respon positif dan menjadi topik pembicaraan di internet karena banyak memukau penonton. Sayangnya, drama ini justru mendapat peringkat atau rating yang rendah.

"Doom at Your Service" yang menjadi topik diskusi dalam banyak hal, mulai dari chemistry antara Park Bo-young dan Seo In-guk hingga latar dan efek fantasi yang mengingatkan pada drama 'Goblin'.

Drama ini awalnya menempati posisi pertama dalam 'Content Influence Index' (CPI) yang diumumkan oleh CJ E&M dan Nielsen Korea pada minggu kedua bulan Mei ketika siaran pertama dimulai. Dalam peringkat pemirsa, “Doom at Your Service” berada di urutan ke-12 (sebesar 4,3%) di antara drama lainnya dalam periode yang sama.

Namun, peringkat terus menurun setelah minggu pertama. Turun ke level 3 persen di episode ke-4, dan akhirnya jatuh ke tingkat 2 persen di episode ke-8. Pada periode waktu yang sama, drama  'Youth in May' di saluran KBS2 menunjukkan tren kenaikan 5 persen, dan 'Racket Boys' di saluran SBS menunjukkan perbedaan lebih dari 5 persen dari episode pertama.

Meskipun demikian, topik tersebut terus meningkat dibandingkan minggu sebelumnya, menempati peringkat pertama selama tiga minggu berturut-turut. Park Bo-young dan Seo In-guk juga mempertahankan posisi teratas dalam topik aktor drama.

Perbedaan antara indikator-indikator ini berasal dari metode survei. Survei rating yang ada adalah metode memasang TV set untuk setiap panel dan mengecek program yang akan ditonton. 

Namun, karena lingkungan menonton berubah, seperti menonton melalui perangkat seluler, peningkatan jumlah rumah tangga satu orang, dan kekuatan layanan video online (OTT), sulit untuk membuktikan nilai konten hanya dengan menggunakan peringkat pemirsa.

Baca Juga: Sinopsis Drama "Nevertheless" yang ditunggu Penayangannya oleh Penikmat Drakor, Dibintangi Song Kang

Metode survei

Secara khusus, Nielsen Korea dan panel TNMS sebagai  lembaga pemeringkat, mensurvei kurang dari 4.000 rumah tangga di seluruh negeri, sulit untuk mengatakan bahwa mereka disukai oleh seluruh negara. 

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:52
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT