Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 10:24 WIB
presiden-jokowi-tinjau-perkembangan-pembangunan-bandara-jenderal-besar-soedirman-di-purbalingga
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Bandara Jenderal Besar Soedirman mulai beroperasi sejak 1 Juni 2021, dan telah melakukan penerbangan komersil perdana pada 3 Juni 2021.

Maskapai yang melakukan penerbangan komersil ke Bandara tersebut adalah Citilink dengan rute penerbangan Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Purbalingga (Bandara Jenderal Besar Soedirman) dan Surabaya (Juanda) – Purbalingga.

Baca Juga: Keliling Jateng, Jokowi Tinjau Bandara Jenderal Besar Soedirman hingga Vaksinasi Massal Hari Ini

Didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Presiden Jokowi meninjau sejumlah fasilitas dalam bandara tersebut, mulai dari jalur kedatangan bandara dan keberangkatan serta fasilitas ruang tunggu penumpang.

Infrastuktur sisi udara, Bandara Jenderal Besar Soedirman ini memiiki dua apron, untuk pesawat komersil dan militer. Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter lebar 30 meter.

Adapun dalam pengembangannya, Bandara Jenderal Besar Soedirman akan menambah panjang runway menjadi 2.250 dan terminal permanen.

“Pengembangan melalui anggaran 2022 kuartal pertama, dan diharapkan di kuartal pertama 2023 sudah bisa dioperasikan dengan luasan terminal tahap pertama kembangkan kapasitas hampir 200 ribu pergerakan penumpang,” ujar pemandu yang menjelaskan kepada Presiden Jokowi di lokasi, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Jokowi Tiba-tiba Telepon Kapolri, Minta Preman di Tanjung Priok Ditindak

Setelah meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Presiden Jokowi diagendakan meninjau pelaksanaan vaksin massal bagi pengguna kapal laut, pekerja pelabuhan, masyarakat di sekitar pelabuhan, hingga warga difabel di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara juga direncanakan untuk memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Jawa Tengah terkait penanganan pandemi Covid-19. Pengarahan akan berlangsung di Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan meninjau pembangunan jalan tol ruas Semarang-Demak yang berlokasi di wilayah Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Baca Juga: Haji 2021 Batal Digelar, DPR Pastikan Tak Ada Dana Jemaah untuk Bangun Infrastruktur

Turut serta dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.