Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Kirim Kapal Perang ke Samudera Atlantik, Diduga Menuju Venezuela, AS Siap Merespon

Jumat, 11 Juni 2021 | 06:05 WIB
iran-kirim-kapal-perang-ke-samudera-atlantik-diduga-menuju-venezuela-as-siap-merespon
Kapal-kapal perang Iran tampak terlihat berada di Samudera Atlantik pada Kamis (10/6/2021). (Sumber: Iranian Army via AP)

DUBAI, KOMPAS.TV – Iran mengirim dua kapal perang yang terdiri dari sebuah kapal perusak dan sebuah kapal pendukung ke Samudera Atlantik dalam sebuah misi rahasia. Tujuan kapal perang Iran itu tidak diketahui.

Melansir Associated Press pada Kamis (10/6/2021), kedua kapal perang tersebut yakni kapal penghancur Sahand yang dirakit di dalam negeri Iran dan kapal pendukung sekaligus pengumpul data intelijen Makran. Sumber pejabat Amerika Serikat (AS) menyebut, kedua kapal perang Iran itu tengah menuju Venezuela. Namun, hal itu belum terkonfirmasi.

Wakil Panglima Militer Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan, kedua kapal perang itu berangkat dari Bandar Abbas, pelabuhan di selatan Iran pada bulan lalu. Misi mereka, sebut Sayyari tanpa merinci, merupakan misi Angkatan Laut (AL) Iran terlama dan paling menantang.

Baca Juga: Kapal Perang Iran dan AS Bersitegang di Teluk Persia

Televisi pemerintah Iran merilis sebuah video pendek tentang kapal perusak Sahand yang tengah mengarungi Samudera Atlantik yang ganas. Video itu tampaknya diambil dari Makran, sebuah kapal tanker minyak komersial yang disulap menjadi kapal pendukung militer yang dilengkapi dengan platform peluncuran helikopter.

"AL Iran tengah meningkatkan kapasitas pelayarannya dan membuktikan daya tahan jangka panjangnya di lautan Samudera Atlantik yang memiliki kondisi cuaca tak menguntungkan,” tutur Sayyari. Kedua kapal perang itu, imbuh Sayyari, tidak akan singgah di pelabuhan negara mana pun selama menjalani misi.

Sejumlah gambar bertanggal 28 April yang dirilis oleh Mazar Technologies menunjukkan tujuh unit kapal serang-cepat yang biasanya terkait dengan pasukan paramiliter Garda Revolusioner Iran di atas dek kapal Makran.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:20
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI