Kompas TV nasional budaya

Sensor Mandiri: Kolaborasi LSF dan Komunikasi UMM dalam Penguatan Literasi Film

Jumat, 11 Juni 2021 | 04:05 WIB
sensor-mandiri-kolaborasi-lsf-dan-komunikasi-umm-dalam-penguatan-literasi-film
Para peserta dan narasumber berfoto bersama setelah mengikuti seminar perfilman nasional, Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021) (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia kini tengah mengupayakan penguatan literasi film di Tanah Air, contohnya yakni gerakan Sensor Mandiri.

Untuk itu, bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), LSF pun menggelar seminar perfilman nasional yang bertajuk Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021).

Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto percaya kampus memiliki peran strategis dalam memperkuat kajian kritis sekaligus literasi publik terhadap film.

"Kami memerlukan mitra strategis seperti Komunikasi UMM ini. Karena LSF tidak akan mampu menjangkau semua film yang diproduksi untuk disensornya," jelas Rommy.

Baca Juga: Ingin Lindungi Anak dari Konten Porno, Bintang Film Dewasa Ini Minta Tak Ada Lagi Situs Panas Gratis

Rommy menerangkan, gerakan Sensor Mandiri hadir sebagai bentuk jawaban untuk kondisi 'tsunami tontonan' yang sedang terjadi saat ini.

Yaitu kondisi di mana masyarakat dibanjiri film-film dari berbagai platform, baik itu bioskop, televisi, hingga digital publik, yang justru lebih bebas untuk dipilih dan ditonton.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:01
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO