Kompas TV internasional kompas dunia

Usung Reformasi, Raja Yordania Abdullah II Bentuk Komite untuk Susun UU Politik dan Pemilu Modern

Jumat, 11 Juni 2021 | 03:45 WIB
usung-reformasi-raja-yordania-abdullah-ii-bentuk-komite-untuk-susun-uu-politik-dan-pemilu-modern
Raja Yordania Abdullah II baru saja menunjuk mantan Perdana Menteri Samir Rifai memimpin sebuah komite baru yang mendapat kekuasaan besar untuk merombak sistem politik kerajaan. (Sumber: Yousef Allan/The Royal Hashemite Court via AP, File)

AMMAN, KOMPAS.TV - Raja Yordania Abdullah II baru saja menunjuk mantan Perdana Menteri Samir Rifai memimpin sebuah komite baru yang mendapat kekuasaan besar untuk merombak sistem politik kerajaan tersebut.

Dilansir Arab News, Kamis (10/6/2021), komite itu beranggotakan 92 orang, mendapat mandat menyusun undang-undang partai politik dan pemilihan umum yang modern, serta memberi saran kepada Raja untuk meningkatkan sistem pembuatan keputusan di kerajaan. 

Dalam suratnya kepada Samir Rifai, Raja Abdullah II memerintahkan komite tersebut menyusun undang-undang yang akan menjadi dasar reformasi, serta mengkaji amandemen konstitusi terkait. 

Hasil akhir dari komite itu, seperti dilaporkan Arab News, adalah "Kerangka yang Inklusif dan Ringkas" untuk meningkatkan sistem politik kerajaan dan memperluas partisipasi publik dalam proses pembuatan keputusan. 

Komite itu juga akan memberi saran amandemen legislatif untuk meningkatkan kinerja parlemen serta memastikan partisipasi serta keterlibatan perempuan dan kaum muda dalam politik.

"Kita bertekad untuk mencapai lompatan kualitatif dalam kehidupan politik dan parlementer," kata Raja Abdullah II dalam surat perintah tersebut yang salinannya dilihat Arab News. 

Raja Abdullah II juga meminta Komite itu menggunakan makalah diskusi miliknya sebagai dokumen panduan dalam upaya mereka menyusun "peta jalan untuk masa depan" Yordania. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:57
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19