Kompas TV internasional kompas dunia

India Catat Kematian Harian Tertinggi Dunia Akibat Covid-19 Usai Negara Bagian Bihar Revisi Data

Kamis, 10 Juni 2021 | 21:21 WIB
india-catat-kematian-harian-tertinggi-dunia-akibat-covid-19-usai-negara-bagian-bihar-revisi-data
Pada foto bertarikh 3 Mei 2021 ini terlihat kerabat seseorang yang meninggal karena Covid-19 terlihat menangis di luar rumah sakit lapangan di Mumbai, India. Pemerintah daerah di Negara Bagian Bihar di India timur merevisi angka kematian akibat Covid-19 menjadi 9.429 di negara bagian itu hingga Rabu (09/06/2021) malam waktu setempat. (Sumber: AP Photo/Rafiq Maqbool)

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Pemerintah daerah di Negara Bagian Bihar di India timur merevisi angka kematian akibat Covid-19.

Setelah direvisi, angka kematian akibat Covid-19 ini menjadi 9.429 di negara bagian tersebut hingga Rabu (09/06/2021) malam waktu setempat, seperti dilansir Xinhua, Kamis, (10/6/2021).

Jumlah kematian melonjak lebih dari 72 persen karena satu hari sebelumnya, yaitu Selasa (08/06/2021) angkanya hanya 5.458 korban meninggal akibat Covid-19.

India melaporkan 6.148 kematian tambahan dalam sehari pada Kamis pagi, sejauh ini menjadi lonjakan kematian harian tertinggi di dunia karena revisi terbaru dari Negara Bagian Bihar tersebut.

Sementara itu, lonjakan kasus baru harian COVID-19 di negara itu masih di bawah 100.000 untuk hari ketiga secara berturut-turut.

Revisi tersebut dilakukan setelah pengadilan tinggi di negara bagian itu meminta audit jumlah korban pada April-Mei, saat gelombang kedua Covid-19 menyusul sejumlah tuduhan bahwa pemerintah daerah menyembunyikan skala kasus dan kematian.

Menurut data baru tersebut, Patna, ibu kota negara bagian tersebut, mencatatkan jumlah kematian tertinggi sebanyak 2.303 dan menyumbang jumlah tertinggi "kematian tambahan yang dilaporkan setelah verifikasi".

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:41
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19