Kompas TV feature food story

Sajian Sedap yang Terbuat dari Jengkol, Yakin Tak Mau Coba?

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 22:01 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Food Story akan menyajikan beragam sajian yang terbuat dari jengkol. Makanan yang satu ini memang fenomenal karena baunya yang khas.

Meski banyak yang tak suka tetapi banyak juga yang cinta. Destinasi pertama Benoe adalah Kampung Jengkol di daerah Bogor. Di sini terdapat banyak warga yang berprofesi sebagai pembuat emping jengkol. Selain mencicipi emping jengkol, Benoe juga akan belajar cara membuatnya.

Perburuan jengkol masih berlanjut ke salah satu rumah makan Betawi di daerah Pondok Aren Tangerang Selatan. Rumah makan ini menjual sayur asem yang diolah dengan menambahkan potongan jengkol dalam kuahnya. Jengkol di Sayur asem digunakan sebagai penyedap rasa.

Uniknya, agar aroma jengkol tidak terlalu menyengat, jengkol sebelumnya dikubur terlebih dahulu selama seminggu. Dan rupanya sayur asem jengkol ini menjadi favorit para pelanggan. Penasaran kan seperti apa kelezatannya?

Benoe juga mau memasak menu jengkol yang sudah langka banget yaitu pecak jengkol dengan ikan tembang. Jika biasanya gurame yang dipecak, apa jadinya jika jengkol yang dimasak pecak? Di rumah makan Betawi yang berlokasi di Jl. Pondok Cabai Raya ini ada juga menu jengkol biang kerok, semur jengkol dan jengkol rempong.

Video ini tayang pada tanggal 15 September 2018. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x