Kompas TV video cerita indonesia

Proyek Pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi Resmi Dimulai

Kompas.tv - 9 Juni 2021, 23:53 WIB
Penulis : Laura Elvina

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi resmi dimula, ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama di kawasan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021) siang. Kegiatan ini menjadi awal dimulainya pengerjaan tahap pertama selama tiga tahun ke depan.

Pada tahap pertama akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, pengairan, dan listrik. 

Bukit algoritma akan dibangun di atas lahan seluas 888 hektare yang mencakup tiga desa di Kecamatan Cikidang, sementara satu desa di kecamatan Cibadak, desa Neglasari.

Bukit Algoritma merupakan proyek pengembangan industri teknologi 4.0, serta sumber daya manusia. 

Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko mengatakan di sesi pertama nilai investasi pembangunan mencapai Rp 18 triliun.

"Komitmen pertama itu Rp 18 tirilun, tapi sudah ada komitmen yang lain kemungkinan juga lebih yang jelas ada Rp 1,7 triliun khusus untuk riset sensor nelayan, sensor perikanan. Membangun teknologi perkapalan untuk 1, 5 juta nelayan di Indonesia tapi kita buat alat sensor ikan di sini Rp 1,7 triliun Itu diluar Rp 18 triliun tadi," kata Budiman di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/6/2021).

Video editor: Febi

Baca Juga: Apa Itu Bukit Algoritma yang Disebut Sebagai Silicon Valley-nya RI di Sukabumi?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x