Kompas TV euro 2020 serba serbi

8 Lagu Tema Piala Eropa, dari Edisi 1992 hingga 2020, Kamu Suka yang Mana?

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 19:47 WIB
8-lagu-tema-piala-eropa-dari-edisi-1992-hingga-2020-kamu-suka-yang-mana
Trofi Piala Eropa 2021 yang akan digelar 11 Juni - 11 Juli 2021 (Sumber: Getty Images)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV- Gelaran kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa, Euro 2020, tinggal menghitung hari. Dimulai 11 Juni hingga 11 Juli 2021, Piala Eropa edisi kali ini juga mempunyai lagu tema resmi yang berjudul “We Are the People”.

Lagu ini diciptakan oleh DJ asal Belanda, Martin Garrix. Dalam lagu ini, Martin Garrix berkolaborasi dengan dua anggota kelompok musik U2, yakni vokalis Bono dan gitaris The Edge.

Lagu resmi Euro 2020 berjudul “We Are the People” sendiri telah resmi dirilis pada 14 Mei 2021 lalu melalui berbagai platform digital.

Martin Garrix akan menampilkan lagu tema resmi Euro 2020 tersebut pada seremoni pembukaan kejuaraan tersebut pada 11 Juni mendatang di Stadion Olimpico.

Baca Juga: Ini Lirik Lagu Resmi EURO 2020, “We Are The People”

Pesan yang dibawakan dalam lagu “We Are the People” dimaksudkan sebagai pemantik harapan dalam kebersamaan jelang dimulainya turnamen.

Semangat tersebut diharapkan juga menular kepada segenap pemain timnas peserta kejuaraan Euro 2020 sehingga dapat menampilkan permainan terbaik di lapangan.

Vokalis grup musik U2 asal Irlandia, Bono, diketahui menjadi penyanyi sekaligus penulis lirik utama dari lagu ini. Sementara Garrix juga mengaransemen berbagai lagu pengiring untuk gelaran kejuaraan antar negara Eropa itu.

Seperti dilansir dari laman resmi Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Garrix juga menyusun komposisi irama saat pemain setiap tim memasuki lapangan jelang laga. Begitu juga dengan berbagai lagu maupun irama pengiring yang digunakan dalam siaran resmi selama kejuaraan Euro 2020 digelar.

Baca Juga: Lima Pemain Tertua di Euro 2020, Ada Mantan Pemain Real Madrid dan Inter Milan

Nah, keberadaan lagu tema resmi sudah menjadi bagian dari gelaran kejuaraan sepak bola Piala Eropa sejak edisi 1992 lalu. Meskipun Turnamen akbar sepak bola di Benua Biru ini sudah dimulai sejak tahun 1960 silam.

Pada Euro 1992 di Swedia, lagu resmi tersebut berjudul "More Than a Game" yang dibawakan oleh Towe & Peter Jöback.

Setelah itu deretan musisi serta penyanyi dari berbagai negara seperti Enrique Iglesias, Nelly Furtado, Oceana, hingga grup Simply Red pernah menjadi pengisi lagu resmi kejuaraan Piala Eropa.

Kamu pernah mendengar lagu "Campione 2000"? Ya, lagu tersebut merupakan lagu resmi Euro 2000 yang dibawakan oleh musisi Swedia, E-Type.

Ternyata bagian lirik lagu Campione 2000 yang ikonik tersebut dikatakan berasal dari perayaan gelar Real Sociedad pada 1982.

Baca Juga: Jersey Timnas Ukraina untuk Euro 2020 Bikin Marah Rusia

Namun, pada saat itu fans menggunakan lirik 'hobe' yang berarti 'kita yang terbaik' dalam bahasa Basque, dan bukan 'oé, oé, oé.'



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x