Kompas TV nasional hukum

Tangkap 13 Terduga Teroris di Merauke, Satu Pelaku Sudah Disiapkan Jadi Pembom Bunuh Diri

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 13:52 WIB
Penulis : Dea Davina

MERAUKE, KOMPAS.TV - Hingga hari Rabu (02/06) sedikitnya 13 orang terduga teroris ditangkap Densus 88 Antiteror, karena hendak melakukan percobaan serangan teror ke Gereja Katedral Merauke, Papua.

Uskup Agung Merauke, Monsinyur Petrus Canisius Mandagi, yang dua kali menjadi target serangan teroris, menegaskan ia tidak merasa takut.

Ia meminta umat agar juga tidak takut, tapi tetap waspada.

Uskup Mandagi sedikitnya dua kali menjadi sasaran serangan teroris.

Pada 1 Januari 2021 lalu, aksi teror terhadapnya gagal karena bom tidak meledak.

Sedangkan percobaan serangan teror yang kedua pada akhir Mei lalu juga gagal, karena para terduga pelaku lebih dulu ditangkap polisi.

Salah seorang dari belasan terduga teroris yang ditangkap, diketahui sempat menginap di sebuah mushola di Kota Merauke, namun diusir pengurus mushola karena tidak memiliki alamat dan tujuan yang jelas.

Menurut salah satu pengurus MUI Distrik Merauke dan pengurus Mushola Al Ikhlas Kota Merauke, Mukhlis, Salah satu dari 3 orang yang minta izin menginap, termasuk dalam daftar terduga teroris yang ditahan polisi.

Dari pemeriksaan sementara oleh polisi, salah seorang terduga teroris diketahui telah dipersiapkan sebagai pengantin, atau calon pelaku, untuk melakukan bom bunuh diri, dengan sasaran Gereja Katedral Merauke, sehari sebelum penangkapan. 

Serangan gagal, setelah terduga teroris membatalkan aksinya, karena tidak berhasil menemui Uskup Agung Merauke, Monsinyur Mandagi.

Selain menangkap belasan terduga teroris, termasuk calon pembom bunuh diri, polisi juga menyita bahan peledak cair dan bahan baku peledak berupa pupuk dan zat kimia, serta sejumlah senjata air soft gun yang telah dimodifikasi.

Polisi juga menemukan keterkaitan dengan terduga teroris yang ditangkap di merauke dengan kelompok pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.