Kompas TV video sinau

Ini Dia, Daftar 11 Stadion Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 22:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Ajang Piala Eropa atau Euro 2020 yang digelar 11 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang memiliki konsep berbeda dibandingkan perhelatan sebelumnya.

Berdasarkan keputusan Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sebagai penyelenggara, terdapat 11 kota maupun negara yang mengambil peran sebagai tuan rumah dari kejuaraan ini.

UEFA menunjuk 11 stadion dari masing-masing kota dan negara yang akan menjadi tempat pertandingan babak penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semi final, hingga partai final Piala Eropa 2020.

Pertandingan pembuka Euro 2020 akan dilaksanakan di Stadion Olimpico Roma pada 11 Juni, mempertemukan Italia dan Turki di fase penyisihan Grup A.

Kemudian ada 6 stadion lain yang berkesempatan menjadi tuan rumah dengan menggelar pertandingan di fase penyisihan grup serta satu agenda laga babak 16 besar. Keenam stadion tersebut adalah:

- Johan Cruijff Arena (Amsterdam, Belanda).
- National Arena Bucharest (Bukares, Romania).
- Parken Stadium (Kopenhagen, Denmark).
- Puskas Arena (Budapest, Hongaria).
- Hampden Park (Glasgow, Skotlandia).
- Stadium La Cartuja Sevilla (Sevilla, Spanyol).

Laga penyisihan grup juga akan berlangsung di Saint Petersburg Stadium di Rusia yang menggelar enam laga penyisihan grup. Selain itu, satu agenda babak perempat final juga akan dilaksanakan di markas klub Zenit St Petersburg ini.

Babak perempat final Euro 2020 juga akan mengambil tempat di Baku Olympic Stadium (Azerbaijan), Allianz Arena Munchen Stadion (Jerman), dan Stadion Olimpico Roma (Italia).

Khusus partai semifinal dan final Piala Eropa 2020 nanti, UEFA menunjuk Stadion Wembley yang terletak di London, Inggris sebagai arena penyelenggara.

Seperti dilansir dari laman resmi UEFA, Stadion Wembley turut menggelar tiga pertandingan penyisihan grup serta dua laga 16 besar Piala Eropa.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x