Kompas TV kolom catatan jurnalis

Bahaya Rokok Elektrik. Kamu Bisa Keren Lho Tanpa Rokok!

Rabu, 2 Juni 2021 | 14:11 WIB
bahaya-rokok-elektrik-kamu-bisa-keren-lho-tanpa-rokok
Ilustrasi rokok elektrik (Sumber: Thinkstockphotos)

Catatan jurnalis: Yasir Neneama

Tren merokok pada anak muda masih terjadi dan terus meningkat hingga saat ini. Dengan dalih mengganti rokok konvensional hingga berhenti menjadi perokok konvensional, anak muda kini memilih menggunakan rokok elektrik. Padahal World Health Organization (WHO) saat konferensi WHO Framework Convention on Tobacco Control tahun 2014, menemukan bahwa tidak ada cukup bukti untuk menyatakan rokok elektronik dapat membantu seseorang berhenti merokok konvensional.

Lalu apakah publik sebenarnya sudah tahu tentang bahaya dari rokok elektrik?

Saya  menanyakan ini kepada 20 orang pengguna rokok elektrik. Hasilnya, sebagian besar menyatakan rokok elektrik tidak berbahaya atau tidak tahu bahaya rokok elektrik. Salah satunya adalah Adiowo, anak muda asal kota Bandung yang sudah menggunakan rokok elektrik sejak tahun 2014.

“Menurut saya rokok elektrik tidak berbahaya jika dibandingkan dengan rokok tembakau atau rokok konvensional,” ujar Adiowo.

Komnas Pengendalian Tembakau Indonesia juga mengakui bahwa pengetahuan publik soal bahaya rokok elektrik masih rendah. Padahal sama dengan rokok konvensional, rokok elektrik juga berbahaya bagi tubuh. Bahaya rokok elektrik antara lain: menyebabkan keracunan karena bahan kimia dan nikotin dalam bentuk cair yang tinggi dan mudah diserap tubuh; mengandung formaldehida (zat karsinogen pemicu kanker); mengandung Acroein, yang menyebabkan iritasi pada rongga hidung dan merusak lapisan paru-paru. 

“Rokok elektrik juga mengandung senyawa organik mudah menguap yang menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, sering sakit kepala, mual, dan yang juga dapat merusak hati, ginjal, dan sistem saraf pusat,” ujar Nina Samidi Media and Communication Officer Komnas  Pengendalian Tembakau.

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:15
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT