Kompas TV nasional aiman

Apa Kabar OTT KPK? (5) - AIMAN

Senin, 31 Mei 2021 | 23:05 WIB

KOMPASTV - Polemik Tes Wawasan Kebangsaan yang menjegal 75 orang pegawai KPK masih bergulir.

Setelah mengalami perubahan kebijakan, Badan Kepegawaiaan Negara (BKN) kemudian meloloskan 24 orang dengan persyaratan harus melalui proses pembinaan.

Suara lain mengemuka, soal, adanya operasi senyap, dalam tes wawasan kebangsaan, untuk kepentingan lebih besar. Menjegal mereka yang disebut tulang punggung pemberantasan korupsi.

Benarkah itu? Siapa pula nama-nama yang dijegal?

Aiman menelisiknya lebih lanjut.

Aiman menemui Giri Suprapdiono, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi di KPK, yang kini di non aktifkan.

Namanya adalah salah satu dari 75 orang tersebut. Aiman juga mendalami tentang kejanggalan-kejanggalan yang muncul saat mengikuti tes wawasan kebangsaan.

Dan bagaimana sistem yang kasat mata ini bekerja.

Dalam kesempatan berbeda, Aiman juga mewawancarai Stanislaus Riyanta, analis intelijen.

Apakah benar-benar ini adalah sebuah upaya terstruktur dan terselubung untuk menanggalkan puluhan orang penyidik dan penyelidik di lembaga anti rasuah ini?

Terakhir, Aiman berbincang dengan Boyamin Saiman, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI). Saat ini, bersama dengan para pendukung kegiatan anti rasuah di republik ini, ia sedang melakukan pendalaman uji materi di Mahkamah Konstitusi terhadap kasus 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus dalam proses alih status menjadi ASN. 

Bagaimana sebenarnya Tes Wawasan Kebangsaan yang tidak meluluskan 75 orang pegawai KPK yang sudah tidak diragukan dedikasi dan kinerjanya dalam mengungkap kasus-kasus korupsi kelas kakap di negeri ini? Apakah ini sebuah upaya terstruktur dan terselebung untuk membungkam para pegiat anti rasuah? 

 

Penulis : Anas Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:44
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT