Kompas TV feature food story

Karakteristik Rujak yang Ada di Indonesia, Bikin Penasaran!

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 23:16 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Rujak, olahan buah khas Indonesia ini memang sangat akrab dengan lidah masyarakat kita. Bukan Cuma rujak buah dengan saus gula merah, ada banyak varian rujak yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Rujak asal wilayah Bali punya karakter unik. Tidak hanya manis, asam dan pedas. Bumbu rujaknya juga dibubuhi citarasa gurih laut.

Benoe mencoba Rujak Kuah Pindang khas Bali. Ada juga versi lain dari rujak Bali, yaitu Rujak Bulung atau rumput laut. Bumbu dasarnya sama dengan Rujak Kuah Pindang, tetapi buahnya diganti dengan rumput laut dan ada tambahan parutan kelapa. Benoe juga mencicipi Rujak Wutu dan Buni khas Bali. 

Rujak berbahan unik juga ada di daerah ujung barat Indonesia, yaitu Aceh. Rujak U Groh asal Aceh menggunakan batok kelapa muda sebagai bahan utama rujak. Benoe mencobanya di kawasan Indrapuri, Aceh besar.

Masyarakat Surabaya punya Rujak Cingur. Diberi nama Rujak Cingur karena menggunakan cingur alias bagian moncong dan sekitar kepala sapi. Cingur sudah dimasak dengan dibumbui rempah-rempah. Dan tentu dengan citarasa khas Surabaya, yaitu Petis. Di Jakarta ada rujak seafood, yaitu Rujak Shanghai. Rujak ini terbuat dari ubur-ubur dan juhi dengan bumbu sambal berwarna merah.

Benoe juga akan mencicipi Rujak Kolam Medan. Rujak ini istimewa banget karena menggunakan buah-buahan organic yang ditanam di kebun sendiri. Selain itu, bumbu sambalnya juga spesial. Ada yang menggunakan kacang mede.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.