Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Siapa Membangkang Perintah Presiden Jokowi tentang 75 Pegawai KPK? - Opini Budiman

Sabtu, 29 Mei 2021 | 09:05 WIB

Presiden Jokowi telah memberikan perintah, bahwa hasil tes wawasan kebangsaan tidak serta merta dijalankan alasan untuk memberhentikan 75 pegawai KPK.

Hasil tes itu harus dijadikan masukan untuk perbaikan KPK, Presiden Jokowi memberikan perintah terbuka yang didengar publik soal kisruh di tubuh KPK.

Perintah Presiden itu sejalan dengan pertimbangan dalam putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan MK itu mengatakan, alih status itu tidak boleh merugikan kepentingan para pegawai KPK yang sudah berjasa pada lembaga itu. Putusan MK itu final dan mengikat.

Ada juga gentlemen agreement antara Komisi III DPR dan Pemerintah, dalam revisi UU KPK, mengutip seorang anggota Komisi III bahwa alih status pegawai KPK menjadi ASN bukan untuk menyingkirkan pegawai KPK, kecuali jika pegawai KPK tidak mau beralih status ASN.

Perintah Presiden, putusan MK, dan gentlemen agreement antara Komisi III DPR itu begitu terang dan terbuka.

Namun nyatanya, KPK yang dipimpin Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri mengambil keputusan berbeda.

Pimpinan KPK bersama Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kementerian Hukum dan HAM, tetap memberhentikan 51 pegawai KPK yang punya catatan merah.

Tanpa penjelasan lebih lanjut, catatan merah dari asesor itu menegaskan, 51 pegawai KPK tidak bisa dibina lagi menjadi ASN. Sedangkan 24 pegawai lainnya akan mengikuti pendidikan bela negara, meskipun belum juga tentu akan menjadi ASN.

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:45
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT