Kompas TV nasional aiman

Bongkar Tuntas Peretasan dan Teror! - AIMAN (5)

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Teror kembali menyasar aktivis. Kali ini, para pegiat antikorupsi dan tokoh yang gencar menyuarakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menjadi sasaran teror digital. Acara konferensi pers daring pada Senin (17/5), tentang pelemahan KPK melalui penonaktifan 75 pegawai, yang diselenggarakan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan dihadiri para pegiat antikorupsi dan mantan pimpinan KPK lintas periode, dikacaukan. Sejumlah gangguan, diantaranya panggilan telepon masif dari nomor-nomor tak dikenal, peretasan aplikasi, dan penyusupan peserta “siluman” berlangsung sepanjang acara. Ironisnya, puncak teror terjadi di hari yang sama ketika Presiden Jokowi meminta para pegawai KPK yang tak lolos TWK tidak dipecat.

Ada apa dibalik ini semua?

Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Wijaksono, mendatangi kantor ICW untuk melihat bagaimana rentetan teror kerap terjadi saat ICW mengadvokasi KPK. Apa analisa para peneliti ICW terhadap aksi teror ini? Bagaimana pula testimoni para peserta konferensi? 

Aiman mewawancarai Nisa Zonzoa, salah satu peneliti ICW, yang mendapat teror saat itu. Akun belanja onlineNisa tiba-tiba diretas dan muncul pesanan makanan bertubi-tubi, saat Nisa sedang memandu konferensi pers.

Apa yang kemudian dilakukan Nisa? Aiman juga mewawancarai mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang, yang saat itu menjadi peserta konferensi.

Bagaimana pendapat Saut yang pernah berkiprah di Badan Intelijen Negara (BIN), terhadap teror dan peretasan, dari sudut pandang intelijen. Apakah ini merupakan upaya pembungkaman terhadap kebebasan demokrasi? Siapa pelakunya? Apa pula kajian ahli forensik digital, Ruby Alamsyah, terhadap peretasan yang tergolong canggih ini? Alat apa yang digunakan dan berapa harganya? Terakhir, sejauh mana peran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terhadap serangan digital yang marak terjadi akhir-akhir ini.  

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:08
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT