Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Presiden Jokowi Turun Tangan Atasi Kisruh KPK - Opini Budiman

Sabtu, 22 Mei 2021 | 09:02 WIB

Keretakan di tubuh KPK belum bisa segera pulih, kendati Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan sikap politiknya.

Presiden menegaskan, hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) tidak menjadi alat untuk memberhentikan mereka.

Karut-marut kondisi KPK sekarang ini tak bisa dilepaskan dari revisi UU KPK yang dipaksakan elite politik. Akibatnya, terjadi konflik di dalam KPK dan polarisasi di tengah masyarakat.

Melalui pemberitaan media, tampak ada keretakan hubungan di dalam tubuh pimpinan KPK.

Bahkan, mengutip mantan Wakil Ketua KPK Laode Syarif, dua Wakil Ketua KPK berbeda pendapat dengan Ketua KPK Firli Bahuri, soal tes wawasan kebangsaan.

Seharusnya, kepemimpinan KPK dibangun secara kolektif kolegial, bukan kepemimpinan tunggal personal. Empat Wakil Pimpinan KPK lain seperti diam.

Begitu juga dengan Dewas KPK. Lembaga dengan kewenangan besar ini juga tampaknya terbelah.

Hanya Syamsuddin Haris yang berani bersuara dan menyatakan TWK bermasalah. Anggota Dewas Indriyanto Seno Adji yang masuk menggantikan Artidjo Alkostar, membenarkan penonaktifan 75 pegawai KPK.

Sementara tiga orang lainnya juga tak muncul pandangannya di depan publik. Mereka adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Harjono dan Albertina Ho.

Di level masyarakat digital juga tercipta polarisasi.

Satu pihak mengatakan, KPK telah disusupi ideologi radikal kelompok Taliban, yang bisa mengancam eksistensi negara bangsa, sehingga KPK harus dibersihkan.

Akan tetapi kenyataannya, pegawai yang tidak lulus ada yang beragama non-muslim.

Namun, ada pula kontra narasi. Revisi UU KPK dan pembersihan pegawai KPK adalah upaya melemahkan KPK.

Para pegawai itu disebutkan sedang menangani kasus korupsi besar dan harus dibersihkan. Dan, itu adalah kemenangan para koruptor.

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:08
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT