Kompas TV regional update corona

Kenaikan Jumlah Pasien Covid 19 Pasca Lebaran Mulai Muncul di Tegal

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 08:19 WIB
kenaikan-jumlah-pasien-covid-19-pasca-lebaran-mulai-muncul-di-tegal
Suasana lorong Paviliun Tulip Rumah Sakit Mitra Siaga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2021). Dalam sepekan terakhir, jumlah pasien Covid-19 baru di rumah sakit tersebut bertambah dari satu pasien per hari menjadi 10 pasien dalam sehari. Hal itu membuat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit itu menipis. (Sumber: Kompas.id/ Kristi Dwi Utami)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SLAWI, KOMPAS.TV –Peningkatan jumlah pasien Covid-19 pasca lebaran mulai muncul di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Rumah Sakit Mitra Sinaga, salah satu RS yang mengeluhkan bertambahnya jumlah pasien harian hingga membuat ketersediaan tempat tidur pasien mulai menipis.

Pada akhir 2020, RS Mitra Siaga menyediakan hingga 80 tempat tidur untuk pasien Covid-19 karena saat itu sempat ada lonjakan kasus Covid-19 seusai libur panjang.

Jumlah itu kemudian dikurangi bertahap hingga menyisakan 26 tempat tidur pada tiga bulan pertama di tahun 2021. Hal itu karena jumlah pasien Covid-19 dalam kurun waktu tersebut melandai, dilansir dari laman Kompas.id (20/5/2021).

Sejak pertengahan Ramadhan hingga Lebaran, tren jumlah pasien Covid-19 harian di RS Mitra Siaga dilaporkan naik. Sebelumnya, rata-rata ada satu pasien baru dalam sehari. Namun, pekan ini, pasien baru yang masuk rata-rata mencapai 10 orang dalam sehari.

Kenaikan jumlah pasien Covid-19 harian berdampak pada mulai menipisnya ketersediaan tempat tidur pasien di RS Mitra Siaga. Hingga Kamis, sebanyak 22 dari 26 tempat tidur yang tersedia sudah terpakai.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran, Doni Monardo Tinjau Kesiapan RSD Wisma Atlet

”Empat tempat tidur yang tersisa terdiri dari, tiga tempat tidur di ruang perawatan intensif dan satu tempat tidur di ruang perawatan biasa. Untuk mengantisipasi lonjakan kasus pascalebaran, kami berencana menambah jumlah tempat tidur pasien menjadi 60 tempat tidur,” ujar Manajer Pelayanan Rumah Sakit Mitra Siaga Rahmatullah, Kamis (20/5/2021).

Sejak awal Mei, lanjut Rahmatullah, ada 40 pasien Covid-19 yang dirawat di RS Mitra Siaga.

Disisi lain, ia menduga, peningkatan kasus Covid-19 pascalebaran terjadi karena tingginya mobilitas masyarakat selama Ramadhan-Lebaran. 

Namun, tak hanya jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit yang meningkat, peningkatan juga terjadi pada jumlah kasus Covid-19 secara keseluruhan di Kabupaten Tegal.

Sepanjang pekan lalu, jumlah kasus Covid-19 baru di daerah ini sebanyak 182 orang. Jumlah itu meningkat menjadi 220 orang sepanjang pekan ini.

Adapun rata-rata jumlah kasus harian yang pada pekan lalu sebanyak 26 orang per hari, pekan ini meningkat menjadi 31 kasus per hari.

Hingga Kamis petang, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal 6.312 orang. Dari jumlah tersebut, 274 orang merupakan kasus aktif yang terdiri dari, 71 orang dirawat dan 203 diisolasi mandiri.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji menuturkan, peningkatan kasus pascalebaran didominasi kluster keluarga, pelaku perjalanan antarkota, dan pemudik. Untuk mengantisipasi lonjakan kasus, pihaknya tengah mengupayakan penambahan jumlah kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19.

”Hingga saat ini, kami memiliki sebanyak 411 tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang tersebar di sembilan rumah sakit di Kabupaten Tegal. Sebagai langkah antisipasi, kami sedang menyiapkan penambahan 41 tempat tidur,” ucap Hendadi.

Baca Juga: Wisata Pantai Alam Indah Tegal Ramai, Petugas Batasi Pengunjung

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x