Kompas TV regional peristiwa

Gunung Merapi Berstatus Siaga, Setelah 4 Kali Luncurkan Awan Panas Dalam Sepekan Terakhir

Senin, 17 Mei 2021 | 22:45 WIB
gunung-merapi-berstatus-siaga-setelah-4-kali-luncurkan-awan-panas-dalam-sepekan-terakhir
Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. (Sumber: KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gunung Merapi terhitung telah empat kali meluncurkan awan panas, sejak tanggal 7 hingga 13 Mei 2021.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga melaporkan terdapat guguran lava sebanyak 49 kali.

Dalam periode pengamatan yang sama, cuaca di wilayah sekitar Gunung Merapi dilaporkan cerah pada siang dan malam hari, namun berkabut pada sore hari.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Masyarakat Sekitar Gunung Sinabung Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin

"Awan panas guguran terjadi sebanyak empat kali dengan jarak luncur terjauh 1.500 meter ke arah Barat Daya," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, Senin (17/5/2021).

Berdasarkan data BPPTKG, awan panas guguran terekam di seismogram dengan amplitudo maksimal 39 mm dan durasi maksimalnya tercatat 119 detk.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan Guguran Awan Panas Estimasi Jarak 1,2 Kilometer

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:29
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138