Kompas TV nasional hukum

4 Alasan Rizieq Shihab Dituntut 10 Bulan Bui dan Denda Rp50 Juta di Kasus Kerumunan Megamendung

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 20:03 WIB
4-alasan-rizieq-shihab-dituntut-10-bulan-bui-dan-denda-rp50-juta-di-kasus-kerumunan-megamendung
Sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur pada hari ini, Selasa (6/4/2021). (Sumber: Dok. Tim kuasa hukum Rizieq Shihab/Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dituntut penjara selama 10 bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kasus kerumunan yang terjadi di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

JPU atas nama Syahnan Tanjung menjelaskan ada empat hal yang memperberat tuntutan pidana terhadap Rizieq Shihab dalam kasus dugaan pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Megamendung.

Baca Juga: Sidang Kasus Kerumunan Digelar Hari Ini, Rizieq Shihab Kembali Hadirkan Saksi Meringankan

Pertama, kata dia, Rizieq pernah dihukum sebanyak dua kali dalam perkara Pasal 160 KUHP pada tahun 2003 dan perkara Pasal 170 KUHP pada tahun 2008.

"Kedua, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam percepatan pencegahan Covid-19, bahkan memperburuk kedaruratan kesehatan masyarakat," kata Syahnan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (17/5/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Ketiga, Syahnan melanjutkan, perbuatan Rizieq mengganggu ketertiban umum serta mengakibatkan keresahan masyarakat.

Baca Juga: Lebaran di Rutan Mabes Polri, Rizieq Shihab Dijenguk Keluarga dan Mohon Doa Kemenangan

Keempat, Rizieq dianggap tidak menjaga sopan santun dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan di persidangan.

"Hal-hal yang meringankan adalah terdakwa diharapkan dapat memperbaiki diri pada masa yang akan datang," ucap Syahnan.

Menurut jaksa, Rizieq secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran kekarantinaan kesehatan berdasarkan Pasal 9 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Baca Juga: Penangguhan Penahanan Belum Dikabulkan, Rizieq Shihab Rayakan Lebaran di Rutan Bareskrim Polri

Dalam dakwaannya, jaksa menyatakan Rizieq melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular dan/atau Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan/atau Pasal 216 KUHP.

Jaksa pun menuntut Rizieq tidak hanya pidana penjara selama 10 bulan, tetapi juga denda sebesar Rp50.000.000 dalam perkara ini.

"Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Rizieq Shihab secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Rizieq Shihab berupa pidana penjara selama 10 bulan dan denda Rp50.000.000 subsider tiga bulan kurungan," ujar Syahnan.

Baca Juga: Rizieq Shihab Sebut Nama Doni Monardo di Persidangan, Soal Apa?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x