Kompas TV regional berita daerah

Ramai di Lokasi Wisata Siring Menara Pandang Saat Libur, Parahnya Warga Abai Protokol Kesehatan

Senin, 17 Mei 2021 | 19:54 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Objek wisata Siring Menara Pandang ramai dikunjungi wisatawan lokal dalam momen lebaran.

Padahal Pemerintah Kota Banjarmasin jauh-jauh hari sudah melarang adanya kegiatan yang berpotensi menularkan covid-19, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, hingga hiburan selama libur lebaran.

Baca Juga: Penyeberangan Jalur Feri Batola-Banjarmasin Kembali Dibuka, Belum Terjadi Lonjakan Penumpang

Rendahnya kesadaran masyarakat ditambah tidak ada petugas yang berjaga, membuat masyarakat mudah berkunjung secara massal.

Parahnya, kebanyakan dari mereka melanggar protokol kesehatan mulai dari tidak menggunakan masker hingga mengabaikan jaga jarak aman.

Pengamat kebijakan kota, Subhan Syarief menilai pemerintah kota tidak konsisten dalam menangani permasalahan covid-19 secara jelas dan tegas.

“Kunci penanganan covid-19 itu ada dua, pertama konsep penanganan yang jelas, terukur serta tegas serta konsisten,” tutur Subhan Syarief. 

“Kelemahan kita ini mungkin kalau konsep sudah lumayan, tapi kelemahan mendasar kita konsistensinya, terapannya,” imbuhnya.

Baca Juga: Sampah Sungai Menumpuk Akibat Banjir di HST, Petugas dan Warga Gotong Royong Lakukan Pembersihan

Subhan Syarief mengatakan  pemerintah harusnya tegas dan berani menerapkan satgas tingkat RT dalam memecahkan persoalan agar  efektif   mengontrol hingga penanganan jika ditemukan adanya paparan covid-19.

 

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:43
LIONEL MESSI KHAWATIR TERTULAR COVID-19 JELANG LAGA PERDANA ARGENTINA DI COPA AMERICA 2021 MELAWAN CHILE   KEMENKO PMK: PEMBANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA DI NTB SETELAH DIGUNCANG GEMPA PADA JULI 2018 ALAMI KETERLAMBATAN   KEMENDAGRI GRATISKAN AKSES VERIFIKASI DATA PENDUDUK KE SEJUMLAH LEMBAGA SELAMA 6 TAHUN TERAKHIR   WASKITA DAN TERREGRA TEKEN KONTRAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO BATANG TORU SENILAI RP 377 M   PENDAFTARAN PPDB 2021 UNTUK SMA DAN SMK DI RIAU DIUNDUR KARENA ADANYA KENDALA TEKNIS YANG PERLU DISELESAIKAN   OMBUDSMAN JAKARTA: KETIDAKMAMPUAN "PROVIDER" JADI KENDALA DALAM PPDB DKI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.972 ORANG: 4.163 SEMBUH, 206 MENINGGAL DUNIA, 603 DALAM PERAWATAN   PERMENKES 18/2021: PENGGUNAAN JENIS VAKSIN COVID-19 DALAM PROGRAM PEMERINTAH DAN GOTONG ROYONG BOLEH SAMA   DINKES KALIMANTAN BARAT: KETERISIAN TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI KALBAR MENCAPAI 62%   PEMKAB KUDUS TERAPKAN KEBIJAKAN 5 HARI DIAM DI RUMAH DALAM SEPEKAN GUNA MEMUTUS PENULARAN COVID-19   POSITIF COVID-19 DAN ISOLASI MANDIRI, WALI KOTA SALATIGA YULIANTO BEKERJA DARI RUMAH DINAS   JUMLAH PASIEN COVID-19 DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TEMBUS 5.000 ORANG   SEBANYAK 3.673 PASIEN COVID-19 MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI 44 HOTEL WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA   PRESIDEN JOKOWI BERI TARGET KE GUBERNUR DKI UNTUK WUJUDKAN "HERD IMMUNITY" DI JAKARTA HINGGA AGUSTUS 2021