Kompas TV olahraga kompas sport

MotoGP Mandalika Ditunda Ke Maret 2022

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 20:15 WIB
motogp-mandalika-ditunda-ke-maret-2022
Alat-alat berat di antara proyek pembangunan Sirkuit Mandalika di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (29/1/2021). Pembangunan sirkuit balap bertaraf internasional tersebut nantinya diharapkan menjadi daya tarik pariwisata di kawasan Mandalika. (Sumber: Kompas.id/P RADITYA MAHENDRA YASA )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

MATARAM, KOMPAS.TV –  Keinginan Indonesia untuk menjadi salah satu tuan rumah ajang balap motor bergengsi dunua, MotoGP tahun 2021 ini dipastikan tertunda. Pasalnya, pihak operator menunda Indonesia dengan Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi balapan tersebut hingga Maret 2022 mendatang.

Hal tersebut diputuskan usai kunjungan Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Dony Noor Gustiarsyah bersama perwakilan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports (organisasi penyelenggara MotoGP) ke Mataram ke Sirkuit Mandalika pada minggu kedua April 2021.

Penundaan tersebut berdasarkan pertimbangan pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dikendalikan. Tidak hanya di NTB, tetapi di seluruh dunia.

Sehingga meski pembangunan sirkuit tetap bisa selesai, tetapi ajang MotoGP tidak akan lengkap tanpa kehadiran langsung penonton.

“Di tengah pandemi Covid 19 ini, sebagian besar negara masih menutup pintu kunjungan luar negeri sehingga sudah dipastikan dan diputuskan sebaiknya dilaksanakan pada Maret 2022 saja,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dilansir dari Kompas.id (17/5/2021).

Meski begitu, Sirkuit Mandalika akan tetap digunakan tahun ini untuk kejuaraan dunia World Superbike (WorldSBK) atau FIM Motul Superbike. Ajang itu rencananya akan digelar pada 14 November 2021.

Baca Juga: Pastikan Pasokan Listrik Aman di Sirkuit MotoGP Mandalika, PLN Bangun Tiga Jalur Tambahan

Selain itu, MotoGP untuk seri Asia Tenggara kemungkinan besar masih bisa diselenggarakan sehingga Sirkuit Mandalika akan diupayakan sebagai lokasi uji coba pramusim. Sekaligus sebagai persiapan untuk kalendar musim 2022.

Adapun, Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir dalam siaran resmi Pemprov NTB saat itu menyampaikan dukungan penuh penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022.

“Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh Pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Erick.

Baca Juga: Hasil MotoGP Prancis: Jack Miller Juara, Marc Marquez Crash, Valentino Rossi Posisi ke-11



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x