Kompas TV video cerita indonesia

Pernyataan Lengkap Jokowi Soal 75 Pegawai KPK yang Tak Lolos Tes ASN

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 17:07 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara terkait dengan dengan nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan sebagai syarat alih fungsih menjadi ASN.

Menurut Jokowi, hasil tes tersebut tak serta-merta bisa memberhentikan mereka yang tak lolos.

“Hasil tes wawasan kebangsaan terhadap hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK, baik terhadap individu-individu maupun institusi KPK. Tidak serta-merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes”, ungkap Jokowi saat memberikan keterangan pers secara virtual melalui akun Youtube Sekretariat Presiden (17/5).

Menurut Jokowi, masih ada cara lain untuk memperbaiki kekurangan  yang dimiliki oleh ke 75 pegawai tersebut.

“Kalau dianggap ada kekurangan, saya berpendapat masih ada peluang untuk memperbaiki, melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan, dan perlu segera dilakukan langkah-langkah perbaikan pada level individual maupun organisasi”, tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Ketua KPK, Menpan RB, dan BKN Patuhi Putusan MK untuk 75 Pegawai Tak Lolos TWK

Jokowi menegaskan, menurutnya KPK harus memiliki sumber daya manusia terbaik yang memiliki komitmen tinggi dalam upaya memberantas korupsi.

Ia juga mengaku sepakat dengan pertimbangan MK yang mempertimbangkan, alih status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai.

“Saya sependapat dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi dalam putusan pengujian UU no 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua undang-undang KPK yang menyatakan bahwa proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN” tegasnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada pihak terkait untuk menindaklanjuti 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes tersebut.

“Saya minta kepada pihak terkait, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN RB, kepala BKN untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes, dengan prinsip-prinsip sebagaimana yang saya sampaikan tadi”, tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.