Kompas TV nasional peristiwa

Epidemiolog Dicky Budiman: Kunci Penanganan Pandemi, Konsisten Satu Kata dengan Perbuatan

Senin, 17 Mei 2021 | 08:37 WIB
epidemiolog-dicky-budiman-kunci-penanganan-pandemi-konsisten-satu-kata-dengan-perbuatan
Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 (Sumber: PID Batalyon C Pelopor Polda SulSel)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Epidemilog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyatakan bahwa kunci dalam mengendalikan pandemi Covid-19 adalah keterpaduan antara kata atau kebijakan dan perbuatan. 

   
"Kita lawan pandemi dengan sinergi lintas sektor. Semuan selaras, satu kata dengan perbuatan," katanya saat diwawancari di Sapa Pagi KOMPAS TV, Senin (17/5/2021). 

Menurut Dicky, saat ini ada pandangan di tengah masyarakat bahwa apa yang terjadi dinilai tidak konsisten dan tidak fair. Misalnya, penilaian di tengah masyarakat bahwa tenaga kerja asing boleh masuk sementara mudik dilarang. Atau berziarah kubur tidak boleh tapi mal tetap dibuka.

"Pemerintah harusnya sensitif. Tunda dulu (WNA masuk) yang tidak terlalu penting. Kita harus konsisten dengan pendekatan sains," ujarnya.

Baca Juga: Menyusul Lockdown, Singapura Putuskan Anak-Anak Bersekolah dari Rumah hingga Akhir Mei

Saat ini, bila pemerintah konsisten maka salah satu indikator penurunana adalah positivity rate di bawah 5 persen. "Ini harus diarahkan, ini yang harus dipikirkan pemerintah," tambahnya.

Menurut Dicky, pasca libur lebaran, maka lonjakan dalam 1-3 bulan ke depan bisa sangat serius.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:14
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138