Kompas TV nasional peristiwa

Vaksin Covid-19 Membuat Flu Biasa Jadi Lebih Mematikan, Kominfo: Itu Hoaks

Kompas.tv - 17 Mei 2021, 07:35 WIB
vaksin-covid-19-membuat-flu-biasa-jadi-lebih-mematikan-kominfo-itu-hoaks
Ratusan warga Klong Toey, kawasan yang baru-baru ini mengalami lonjakan kasus penularan Covid-19, tengah mengantri untuk menjalani vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca di Bangkok, Thailand, Senin (10/5/2021). (Sumber: AP Photo/Vichan Poti)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebuah postingan berbahasa asing di media sosial Instagram mengklaim bahwa vaksin Covid-19 akan membuat orang terpapar penyakit mematikan selama musim dingin dan flu berikutnya. Disebutkan juga bahwa vaksin Covid-19 akan membuat flu biasa menjadi lebih mematikan. 

Baca Juga: Kemenkes Resmi Tetapkan Harga Vaksin Sinopharm untuk Program Vaksinasi Gotong Royong

Namun berdasarkan hasil penelusuran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari Reuters, klaim tersebut dibantah oleh sejumlah ahli. "Daniel Kuritzkes, kepala divisi penyakit menular di Rumah Sakit Brigham and Women menegaskan, tidak ada kandungan dalam vaksin Covid-19 manapun yang akan mengubah keparahan flu biasa atau influenza, dan yang pasti tidak akan membuat infeksi menjadi lebih mematikan," terang Kominfo dalam laman resminya. 

Baca Juga: India Terpaksa Hentikan Vaksinasi untuk Warga Usia 18-44 Tahun

Selanjutnya dilansir dari AFP, Dr Jason McKnight, asisten profesor klinis di Texas A&M College of Medicine menjelaskan jika semua vaksin Covid yang saat ini diproduksi menargetkan “protein lonjakan” spesifik dari virus corona dan tidak bekerja bersama dengan virus-virus berbeda lainnya seperti virus yang menyebabkan flu biasa. Sebagaimana yang diketahui bahwa virus penyebab influenza berbeda dengan virus penyebab Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x