Kompas TV internasional kompas dunia

Detik-Detik Kru Berita APTN Selamatkan Diri Sebelum Dihantam Rudal Israel

Minggu, 16 Mei 2021 | 21:05 WIB

KOMPAS.TV - Israel terus melancarkan serangan udara ke wilayah Palestina. Selain bangunan rumah warga, serangan udara Israel juga menghancurkan dua kantor berita internasional.

Gedung berlantai 12 di kota Gaza Palestina yang menjadi kantor berita Associated Press Television Network (APTN) dan Al-Jazeera runtuh dihantam rudal Israel.

Selama 15 tahun, kantor berita APTN diketahui berada di lantai teratas dan atapnya untuk dijadikan lokasi utama peliputan konflik Israel-Palestina.

Militer Israel mengatakan pihaknya menargetkan gedung itu karena diduga berisi Aset Badan Inteljen Hamas.

Terlihat dalam tayangan berikut yang merupakan detik-detik saat staf kantor berita APTN mengevakuasi diri sebelum rudal Israel diluncurkan.

Militer Israel memaksa para penghuni gedung mengevakuasi diri, saat memberi peringatan bahwa gedung akan dihancurkan.

Para kru berita dengan cepat berlari keluar gedung dengan membawa sejumlah alat peliputan dan dokumen penting lainnya.

Tercatat lebih dari 145 warga Palestina terluka akibat bentrokan yang terjadi pada hari ini (16/5).

Mesir pun turun tangan melihat kondisi ini.

Seperti diketahui, Mesir menjadi salah satu negara yang mempelopori dan berhasil meredakan ketegangan Israel-Gaza pada 2014 lalu.

Selain Mesir, PBB juga telah menjadwalkan sesi pembahasan mengenai konflik di Timur Tengah tersebut. Sementara itu, Presiden AS Joe Biden juga mengarahkan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk menghubungi rekan-rekan Israel mereka.

Namun, Jurnalis Harian Kompas, Mustofa Abdul Rahman di  Kairo Mesir menyebutkan jika Delegasi Mesir gagal membujuk pemerintahan Israel untuk gencatan senjata dan kini Delegasi Mesir sudah ditarik dari Tel Aviv.

Mustofa menyebutkan Israel kini dalam ancaman Perang Saudara.

Simak penjelasan selengkapnya dalam tayangan berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:50
AKTIVIS PENCINTA LINGKUNGAN GREENPEACE MINTA MAAF SETELAH AKSI PROTESNYA LUKAI 2 O RANG DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS RUSIA BUNGKAM FINLANDIA LEWAT GOL TUNGGAL ALEKSEI MIRANCHUK DI LAGA GRUP B EURO 2020   PEMERINTAH INGGRIS TEGASKAN JUMLAH PENONTON EURO 2020 DI WEMBLEY HANYA 25 PERSEN DARI KAPASITAS STADION   PEMERINTAH JEPANG INGIN KEHADIRAN 10.000 PENONTON DI TIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE TOKYO   BPBD DKI JAKARTA MINTA WARGA WASPADA BANJIR MENYUSUL TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU HULU ANGKE, JAKUT, MASUK SIAGA 3   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI BAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN BATASI KUNJUNGAN MAKSIMAL 50 PERSEN DI MASA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB WONOGIRI INSTRUKSIKAN KADES SIAPKAN TEMPAT ISOLASI DESA   SATGAS COVID-19 PASTIKAN SUPLAI VAKSIN COVID-19 DARI LUAR NEGERI TERJAGA SESUAI JADWAL VAKSINASI PEMERINTAH   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR, JAKARTA SELATAN, DITUTUP 2 HARI SETELAH LURAH HIFZILLAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMKOT MADIUN PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 28 JUNI KARENA KASUS COVID-19 MASIH TINGGI   PEMKOT SURABAYA FOKUSKAN SKRINING DAN TES USAP DI JEMBATAN SURAMADU BAGI PENGENDARA YANG MASUK KE ARAH BANGKALAN   PEMKOT BANDUNG AKAN LAKUKAN PENGETATAN AKTIVITAS MASYARAKAT KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   KEMENDAGRI PASTIKAN REALISASI KATALOG ELEKTRONIK (E-KATALOG) GUNAKAN PRODUK DALAM NEGERI