Kompas TV internasional kompas dunia

Wahana Antariksa China, Tianwen-1, Berhasil Mendarat di Planet Mars

Minggu, 16 Mei 2021 | 03:21 WIB
wahana-antariksa-china-tianwen-1-berhasil-mendarat-di-planet-mars
Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada 26 Maret merilis dua citra terbaru Mars yang diabadikan oleh wahana antariksa Tianwen-1 milik China. Dalam foto-foto tersebut, Mars tampak berbentuk bulan sabit dengan tekstur permukaan yang bersih. Ketika wahana antariksa Tianwen-1 berjarak 11.000 km dari Mars di sisi terjauh planet ini dengan Matahari, wahana tersebut berhasil mengabadikan foto panorama Mars dengan kamera resolusi menengah yang dibawanya. (Sumber: Xinhua/CNSA)

BEIJING, KOMPAS.TV - Wahana pendarat (lander) yang membawa penjelajah (rover) Mars pertama China sukses mendarat di Planet Merah, demikian disampaikan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada Sabtu (15/05/2021) pagi waktu setempaT, seperti dilansir Xinhua, Sabtu, (15/05/2021)

Ini pertama kalinya China mendaratkan sebuah wahana antariksa di planet selain Bumi.

Tianwen-1, yang terdiri dari wahana pengorbit (orbiter), pendarat, dan penjelajah, diluncurkan dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di pesisir provinsi pulau Hainan, China selatan, pada 23 Juli 2020.

Wahana tersebut menjadi langkah pertama China dalam eksplorasi planet di tata surya, dengan tujuan menyelesaikan pengorbitan, pendaratan, dan penjelajahan di Planet Merah dalam satu misi.

Baca Juga: Rover Dewa Perang, Penjelajah Planet Mars Pertama Milik China

Foto yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada 4 Maret 2021 ini menunjukkan sebuah citra Mars dengan resolusi tinggi yang diabadikan oleh wahana antariksa Tianwen-1 milik China. (Sumber: Xinhua/CNSA)

Tianwen-1 memasuki orbit Mars pada Februari lalu setelah melakukan perjalanan hampir tujuh bulan di luar angkasa, dan menghabiskan lebih dari dua bulan untuk menyurvei lokasi pendaratan potensial.

Wahana Tianwen-1 tersebut berfungsi dengan normal sejak peluncurannya 23 Juli 2020 lalu, kata CNSA pada Jumat (14/05/2021), seraya menambahkan wahana itu memasuki orbit Mars pada 10 Februari 2021 dan mendapatkan sejumlah besar data ilmiah.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
KETUA BMKG SEBUT HINGGA SAAT INI BELUM ADA NEGARA YANG MAMPU MENDETEKSI DINI TSUNAMI NONTEKTONIK   KEMENTERIAN PPPA DAPAT DAK NONFISIK PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK SEBESAR RP 101,7 MILIAR   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RUMAH SAKIT DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH 1.400 TEMPAT TIDUR   KEMENHUB SIAPKAN PENGIRIMAN ARMADA BUS UNTUK DUKUNG OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PON XX PAPUA   KETUA DPD DUKUNG POLDA SUMATERA BARAT AWASI PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK PENANGANAN COVID-19   KAPOLRI SEBUT POLRI TELAH SELESAIKAN 1.864 PERKARA MELALUI "RESTORATIVE JUSTICE"   MENTERI PPPA DORONG PEMDA BENTUK UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK   KSP: PEMBANGUNAN IBU KOTA BARU AKAN PERHATIKAN KEARIFAN LOKAL   MANTAN MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO KLAIM 90 PERSEN BAHAN PRODUKSI VAKSIN NUSANTARA DIBUAT DI INDONESIA   PASIEN COVID-19 MELONJAK, RUMAH SAKIT ISLAM CEMPAKA PUTIH TAMBAH 60 TEMPAT TIDUR   SATGAS: PPKM MIKRO FORMULA PALING TEPAT HADAPI LONJAKAN COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: ASAL KEDATANGAN VARIAN DELTA VIRUS KORONA MASIH DITELUSURI   SATGAS COVID-19: PROTOKOL KESEHATAN 3M TURUNKAN RISIKO PENULARAN 95 PERSEN   SATGAS COVID-19 SEBUT 85 KABUPATEN DAN KOTA ALAMI PENURUNAN KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN