Kompas TV internasional kompas dunia

Khawatir Tertular Covid-19 dari Nepal, China Batalkan Pendakian Gunung Everest

Minggu, 16 Mei 2021 | 01:45 WIB
khawatir-tertular-covid-19-dari-nepal-china-batalkan-pendakian-gunung-everest
Gunung Everest dilihat dari jalur menuju Kalapatthar di Nepal. Foto diambil pada 12 November 2015. (Sumber: AP Photo/Tashi Sherpa, File)

BEIJING, KOMPAS.TV – China membatalkan upaya pendakian Gunung Everest dari sisi wilayahnya lantaran khawatir tertular kasus Covid-19 dari Nepal, negara tetangganya.

Melansir Xinhua melalui Associated Press, penutupan jalur pendakian Everest di wilayah China ini dikonfirmasi oleh Badan Umum Olah Raga China melalui sebuah surat pemberitahuan pada Sabtu (15/5/2021).

Langkah ini mencerminkan sikap China yang super hati-hati dalam menangani pandemi. Negeri Tirai Bambu itu terbilang berhasil meredam penularan virus Corona di dalam negeri.

Sementara, Nepal saat ini tengah mengalami lonjakan kasus penularan Covid-19 baru dan kematian akibat Covid-19.

Baca Juga: China Buka Jalur Pendakian Gunung Everest Bagi 38 Pendaki yang Terbukti Negatif Covid-19

China telah mengeluarkan ijin pendakian bagi 38 warga negara China untuk mendaki puncak tertinggi dunia setinggi 8.849 meter di atas permukaan laut itu pada musim semi tahun ini.

Sementara, Nepal memberikan ijin pendakian bagi 408 orang pendaki. Tahun 2020 lalu, pendakian dari sisi kedua negara ditutup karena pandemi berkecamuk.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:19
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138