Kompas TV nasional hukum

Ini 12 Titik Posko Pemeriksaan Tes Covid-19 yang Disiapkan Polda Metro Buat Pemudik dan Penumpang

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 23:45 WIB
ini-12-titik-posko-pemeriksaan-tes-covid-19-yang-disiapkan-polda-metro-buat-pemudik-dan-penumpang
Polres Cianjur Melakukan Pemeriksaan di Jalur Utama Puncak-Cianjur, Kamis (13/5/2021) (Sumber: ntmcpolri)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Metro Jaya menyiagakan posko pemeriksaan surat hasil tes Covid-19 bagi para pemudik yang kembali ke DKI Jakarta.

Posko tersebut berada di 12 titik mulai dari dari jalan tol, jalan alteri hingga terminal. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo menjelaskan nantinya para pemudik yang tidak melengkapi surat bebas Covid-19 bakal menjalani tes antigen di tempat yang dilakukan petugas terkait.

Sambodo menambahkan pemeriksaan dokumen tes negatif Covid-19 akan dilaksanakan secara acak pada masyarakat yang melintas di 12 titik posko tersebut.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Antigen, Pemudik yang Reaktif Dibawa ke Wisma Atlet

“Jadi berdasarkan hasil rapat yang dihadiri dengan seluruh Kasat Lantas, dihadiri juga seluruh instansi terkait, jadi ada 12 titik pemeriksaan dokumen bebas Covid-19," ujar Sambodo, Sabtu (15/5/2021).

Sambodo menjelaskan 12 titik posko pemeriksaan berada di gerbang tol, terminal dan jalur aleteri. Untuk di jalan Tol posko pemeriksaan berada di KM 34 Cibatu Cikampek arah Jakarta.

Terminal ada di Pulogebang dan Kalideres untuk memeriksa penumpang bus yang datang ke luar kota

"Lalu ada sembilan (posko) di (jalur) arteri. Tiga di Tangerang Kota, yaitu di Jatiuwung, Kebon Nanas, dan Batuceper. Kemudian satu di Bekasi di Jalan Raya Pantura Kedungwaringin. Lalu dua di Polres Depok di Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor," ujar Sambodo.

Baca Juga: Arus Balik Pemudik Lebaran, Diprediksi 440 Ribu Orang Kembali ke Jawa Lewat Pelabuhan Bakauheni

Adapun sebanyak dua buah pos juga disiapkan di Kota Bekasi, yakni di Tomyang dan Sasak Jarang. Satu buah pos lagi disediakan di Tangerang Selatan, tepatnya di Jalan Gatsu Bitung

Warga yang reaktif Covid-19 akan diperiksa lanjut dengan pemeriksaan PCR. Sambil menunggu hasil, warga akan dibawa ke Wisma Atlet untuk melakukan isolasi.

Warga, sambung Sambodo, akan diangkut ke Wisma Atlet menggunakan bus sekolah yang telah disediakan.

Baca Juga: Kepolisian Perpanjang Sanksi Putar Balik Buat Pemudik hingga 24 Mei

Guna menghindari kemacetan, Sambodo mengimbau warga untuk terlebih dahulu melakukan tes Covid-19 sebelum kembali ke Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.