Kompas TV video cerita indonesia

Detik-Detik KRI STS-375 Selamatkan 27 ABK KM Sinarmas yang Alami Kebakaran di Laut Natuna Utara

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 23:47 WIB
Penulis : Theo Reza

NATUNA, KOMPAS.TV -  TNI AL dengan KRI Sultan Thaha Syaifudin-375 (KRI STS-375) menyelamatkan 27 ABK KM. Sinar Mas yang mengalami kebakaran hebat di laut Natuna Utara Sabtu (15/05/21) pagi.

Saat itu KRI STS-375 sedang melaksanakan patroli kedaulatan dan keamanan di laut Natuna Utara.

Saat melihat secara visual melalui teropong binocular adanya kepulan asap tebal membumbung tinggi dari sebuah kapal nelayan jenis pukat apung.

Mengetahui hal itu KRI STS-375 segera mendekat ke lokasi dan melaksanakan pemadaman dibantu oleh kapal nelayan lain yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

Kebakaran hebat tak terelakkan karena banyaknya material yang mudah terbakar dari kapal nelayan KM. Sinar Mas.

Proses pemadaman sendiri memakan waktu hingga 3 jam.

Sebanyak 27 ABK berhasil diselamatkan, namun tiga diantaranya mengalami luka bakar sedang.

“KRI STS-375 berhasil menyelamatkan 27 ABK kapal ikan jenis pukat apung, KM Sinar Mas yang mengalami kebakaran di Laut Natuna Utara namun nahas tiga diantaranya mengalami luka bakar sedang” Ungkap Letkol Laut Faruq Dedi.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, bangkai kapal yang menyisakan bangunan bawah air tersebut ditarik menuju pangkalan TNI AL Ranai guna kepentingan penyelidikan.

Kini seluruh ABK dievakuasi ke KRI STS-375 untuk selanjutnya dibawa ke Rumah sakit di Ranai menjalani pemeriksaan kesehatan.

Video Editor: Noval



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.